Sport
Rabu, 21 Oktober 2015 - 03:25 WIB

LIGA PENDIDIKAN INDONESIA : SMK 9 Susah Payah ke Delapan Besar

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Liga Pendidikan Indonesia atau Lipio digelar di Stadion Sriwedari Solo.

Solopos.com, SOLO — Kesebelasan SMK Negeri (SMK N) 9 Solo merebut tike terakhir ke perempat final Liga Pendidikan Indonesia (Lipio) Kota Solo setelah memenangi drama adu penalti kontra SMA N 6 Solo.

Advertisement

Berlaga di Stadion Sriwedari, Solo, Selasa (20/10/2015) pagi WIB, SMK N 9 lebih dulu unggul lewat tendangan Ahmad Eko pada pertengahan babak kedua. Namun, SMA N 6 berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Iqbal Firdaus, 15 menit sebelum laga bubar.

Hasil imbang 1-1 bertahan hingga waktu pertandingan berakhir sehingga perebutan tiket ke perempat final harus ditentukan lewat babak adu penalti. SMK N 9 pun berhak melaju ke delapan besar dengan keunggulan 5-4 di babak adu tostosan setelah penendang penalti SMA N 6, Danang Alfrianto, gagal menjebol gawang mereka.

“Kami kalah beruntung. Sebenarnya, dari segi permainan, kami lebih menang. Fisik pemain kami juga lebih bagus, enggak ada yang cedera sedangkan empat atau lima kali pemain lawan mengalami kram,” tutur pelatih SMA N 6, Iswahyudi, saat dijumpai Espos, seusai laga, Selasa.

Advertisement

Pelatih SMK N 9, Miftachur Rizky, tidak menyangka anak-anak didiknya mampu menyingkirkan tim SMA N 6 yang merupakan tim unggulan kedua di turnamen ini. Dengan persiapan yang minim, tim polesannya mampu mengimbangi permainan SMA N 6.

“Permainan anak-anak cukup baik meski kami kekurangan sarana dan prasarana dari sekolah selama latihan. Kuncinya adalah semangat. Semangat anak-anak sangat tinggi sehingga bisa mengalahkan SMA N 6 yang merupakan runner up Lipio sebelumnya,” ujar Rizky.

Di babak selanjutnya, SMK N 9 akan berhadapan dengan SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Solo yang lebih dulu menekuk SMA Al Islam dengan skor 4-1. “Besok [hari ini], kami harus meningkatkan komunikasi antar pemain dan memperbaiki posisi pemain. Melawan Muhi berat, tapi kami harus tetap semangat,” imbuh Rizky.

Advertisement

Sementara itu, SMA Ta’mirul Islam Solo mengalahkan SMA Batik 1 Solo dengan skor 2-1 untuk melaju ke perempat final. Mereka akan berhadapan dengan SMK Bhineka Karya (BK) Solo yang menekuk SMK Murni dengan skor 3-1, Senin (19/10). (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)
 
Hasil Pertandingan Lipio 2015, Selasa:
– SMA Muhammadiyah 1            4-1       SMA Al Islam
– SMA Batik 1    2-1       SMA Ta’Mirul Islam
– SMK N 9        1-1 (5-4)          SMA N 6
 
Jadwal pertandingan perempat final, Rabu (21/10/2015):
– SMA Batik 2    vs SMK N 7
– SMA N 4         vs         SMA Muhammadiyah 2
– SMK BK         vs SMA Ta’Mirul Islam
– SMA Muhammadiyah 1            vs SMK N 9
 
*Sumber: panitia turnamen (ria/JIBI) 

Pemain SMA Muh1 (biru) mengecoh kiper SMA Al Islam (orange) di Lipio. JIBI/Ssolopos/Sunaryo Haryo

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif