Jatim
Selasa, 20 Oktober 2015 - 14:05 WIB

PERLAMBATAN EKONOMI : Target Ekspor Jatim Sulit Dikejar?

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas ekspor di pelabuhan. (JIBI/Solopos/Dok.)

Perlambatan ekonomi dunia membuat kinerja ekspor di Jawa Timur melemah.

Madiunpos.com, SURABAYA — Regional Economic Development Institute (REDI) menilai kinerja ekspor di Jawa Timur sampai akhir tahun 2015 ini bakal sulit untuk dikejar sesuai dengan target yang diharapkan. Lemahnya kinerja ekspor Jatim itu seiring perlambatan ekonomi dunia.

Advertisement

Direktur REDI, Indra Nur Fauzi, mengatakan kinerja ekspor memang bukan hanya bagian dari situasi lokal tetapi juga faktor ekonomi dunia yang sedang terguncang. Meski begitu, lanjutnya, pemerintah harus bisa menjaga konsumsi rumah tangga untuk mendorong pasar supaya perekonomian tetap terjaga.

“Faktor ekonomi dunia sedang melemah, Amerika [Serikat] sedikit pulih, Eropa juga mulai ada gejala pemulihan bahkan Jepang juga menghadapi masalah ekonomi. Artinya walaupun peluang itu ada, tapi kita harus realistis dengan keadaan, sehingga kunci utama sekarang adalah menjaga pasar dalam negeri,” jelasnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Kamis (15/10/2015).

Dia memaparkan, sejatinya kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi saat ini adalah konsumsi rumah tangga, modal investasi yang masuk, ekspor, dan belanja pemeritah. Namun, dalam kondisi perlambatan ekonomi sekarang investasi dan ekspor sudah tidak memungkinkan untuk digenjot.

Advertisement

“Semestinya belanja pemerintah ini tepat sasaran dan tepat waktu yang akhrinya bisa mendorong daya beli masyarakat,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif