Soloraya
Senin, 19 Oktober 2015 - 16:40 WIB

INFRASTRUKTUR LISTRIK KLATEN : PLTS di Girpasang Segera Diganti Listrik PLN

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Akses jalan menuju ke Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kemalang, melintasi jurang dengan kedalaman sekitar 150 meter. Untuk menuju ke dukuh itu, harus melewati jalan setapak serta anak tangga yang berada di tepi tebing. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Infrastruktur listrik Klaten, PLN mulai memasang instalasi listrik di Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten.

Solopos.com, KLATEN–Aliran listrik untuk warga di Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kemalang segera diganti menggunakan listrik PLN. Selama ini, warga di dukuh berlokasi di lereng Gunung Merapi itu menikmati sambungan listrik melalui pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Advertisement

Kabid Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten, Widaya, menjelaskan pemasangan jaringan listrik dilakukan menggunakan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) senilai Rp300 juta.
Selain itu, ada pendampingan melalui APBD Klaten senilai Rp20 juta. “Rintisan awal rencana itu sebenarnya ada di Bidang Kebersihan dan Pertamanan sudah beberapa tahun lalu. Karena ESDM sudah ada, akhirnya pelaksanaan pemasangan dilakukan melalui kami,” jelas Widaya, Senin (19/10/2015).

Pemasangan jaringan listrik menyasar ke sejumlah dukuh di Desa Tegalmulyo. Khusus Dukuh Girpasang yang lokasinya terisolasi, ada sembilan rumah mendapat bantuan penyambungan aliran listrik dari jaringan yang dibangun.

“Yang dialiri listrik di Girpasang ada sembilan rumah. Sementara, di dukuh lainnya baru sebatas dipasang jaringan listrik. Untuk sambungan ke rumah, nanti dari warga secara pribadi melakukan penyambungan melalui PLN,” jelas dia.

Advertisement

Widaya tak menampik di Girpasang sudah ada PLTS yang dimanfaatkan warga. PLTS tersebut merupakan bantuan dari Pemprov Jateng. Lantaran peralatan rusak, pemkab menggelontorkan bantuan pemasangan PLTS di dukuh itu sekitar 2013.

Kepala Desa Tegalmulyo, Sutarno, menjelaskan bantuan jaringan listrik menjangkau warga di lima dukuh termasuk Girpasang. “Untuk bantuan pemasangan jaringan listrik ini memang sebelumnya kami sudah meminta bantuan melalui ESDM DPU Klaten,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif