Jateng
Jumat, 16 Oktober 2015 - 01:51 WIB

Pejabat Pajak: Penghasilan Kami Cukup, Jangan Coba Beri Gratifikasi

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembayaran pajak. (JIBI/Solopos/Dok.)

Pejabat pajak meminta agar masyarakat tidak memberi gratifikasi kepada para petugas pajak.

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Para pejabat di lingkungan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II dan Kanwil DJP Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen tidak menerima gratifikasi.

Advertisement

Mereka menandatangani pernyataan komitmen pelaksanaan program pengendalian gratifikasi Derektorat Jenderal Pajak di Hotel Puri Asri, Kota Magelang, Kamis (15/10/2015).

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Yoyok Sutiotomo, mengatakan melalui penandatanganan dalam bentuk piagam tersebut para pegawai Kanwil DJP Jateng II dan Kanwil DJP Daerah Istimewa Yogyakarta tidak akan menerima gratifikasi.

“Pada penandatanganan komitmen ini kami juga mengundang wajib pajak supaya mereka tahu dan tidak mencoba mengiming-imingi kami untuk menerima gratifikasi,” katanya.

Advertisement

Selama ini, katanya, masih ada satu-dua wajib pajak yang mencoba mengiming-imingi pegawai Kanwil DJP Jateng II dengan uang atau barang.

“Penandatanganan komitmen ini untuk mempertegas dan sekaligus sosialisasi pada wajib pajak, jangan coba-coba memberikan gratifikasi. Ppenghasilan kami sudah cukup,” katanya.

Ia berpedapat, wajib pajak menawarkan gratifikasi karena ada kepentingannya, antara lain supaya mengurangi pajak mereka.

Advertisement

Padahal, kata Yoyok, sebenarnya pajak tidak memberatkan, kalau wajib pajak memenuhi kewajiban perpajakan dengan benar.

Menurut dia, akhir-akhir ini tidak ada lagi pegawai pajak yang menerima gratifikasi. Mungkin dua, tiga tahun lalu ada sekitar lima hingga 10 orang yang ditindak karena menerima gratifikasi. Mereka mendapat sanksi mulai penundaan kenaikan gaji berkala hingga dikeluarkan.

“Di Kanwil DJP Jateng II ada yang dikeluarkan dua orang karena terlibat kasus tersebut,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif