Soloraya
Kamis, 15 Oktober 2015 - 22:40 WIB

HIV/AIDS : 4 PNS dan 3 Anggota TNI/Polri di Sukoharjo Idap HIV/AIDS

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi HIV/AIDS (channelstv.com)

HIV/AIDS di Sukoharjo menjangkiti 240 orang.

Solopos.com, SUKOHARJO – Jumlah pengidap HIV/AIDS di Sukoharjo hingga September 2015 mencapai 240 orang. Dari angka tersebut, empat di antaranya adalah pegawai negeri sipil (PNS) serta tiga anggota TNI/Polri.

Advertisement

Hal ini diungkapkan Koordinator LSM Mitra Sebaya, Garis Subandi, saat ditemui wartawan di Kantor Komisi Peduli Aids (KPA) Sukoharjo, Kamis (15/10/2015).

Menurut dia, para PNS dan anggota TNI/Polri terjangkit penyakit HIV/AIDS lantaran melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

“Jadi kasus penyakit HIV/AID ibarat fenomena gunung es. Hanya sedikit yang terdeteksi padahal masih banyak penderita HIV/AIDS di Sukoharjo,” kata dia.

Advertisement

Menurut dia, mayoritas penderita HIV/AIDS merupakan para wiraswasta dan ibu rumah tangga (IRT).

Para IRT terjangkit penyakit HIV/AIDS dari suaminya yang melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Selain itu ada satu anak bawah lima tahun (balita) yang juga terjangkit penyakit HIV/AIDS.

Jumlah penderita penyakit HIV/AIDS meningkat secara signifikan. Hingga September, jumlah penderita penyakit HIV/AIDS mencapai 240 orang.

Advertisement

Sebelumnya, jumlah penderita penyakit HIV/AIDS hingga Juni mencapai 206 orang. “Jumlah penemuan penderita baru penyakit HIV/AIDS selama September sebanyak delapan orang,” ujar Subandi.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit Menular DKK Sukoharjo, Bambang Sudiyono, mengatakan jumlah penderita penyakit HIV/AIDS yang meninggal dunia sebanyak 42 orang.

“Penderita HIV/AIDS terbanyak ditemukan di wilayah Kecamatan Kartasura dan Grogol. Di wilayah itu banyak tempat hiburan seperti karaoke dan pusat kebugaran,” kata dia.

Advertisement
Kata Kunci : HIV/AIDS Warga Sukoharjo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif