Lifestyle
Rabu, 14 Oktober 2015 - 22:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini Cara Cegah Nyeri Menstruasi!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (heal

Tips kesehatan kali ini mengulas soal cara mengatasi nyeri saat menstruasi.

Solopos.com, SOLO — Nyeri ketika menstruasi kerap kali membuat wanita tidak nyaman dan khawatir karena bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan pada organ reproduksi.

Advertisement

Untuk mengatasi nyeri saat menstruasi ini, sebagian dari Kaum Hawa mengonsumsi obat tertentu. Namun, pengonsumsian obat penghilang rasa nyeri ketika menstruasi ini bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Pasalnya, obat-obatan penghilang nyeri ini terbuat dari bahan kimia, yang jika dikonsumsi terus menerus bisa mengakibatkan organ reproduksi Anda terganggu.

Advertisement

Pasalnya, obat-obatan penghilang nyeri ini terbuat dari bahan kimia, yang jika dikonsumsi terus menerus bisa mengakibatkan organ reproduksi Anda terganggu.

Terkait dengan itu, ada beberapa cara sederhana untuk menghindarkan diri dari rasa nyeri saat haid. Beberapa cara tersebut, antara lain mengonsumsi sayuran, mengurangi makanan cepat saji, dan sebagainya. Simak selengkapnya ulasan mengenai hal ini, sebagaimana dikutip Solopos.com dari Standard.co.uk, Rabu (14/10/2015).

Konsumsi Sayuran
Kalsium dan magnesium yang terdapat dalam sayuran bisa mengendurkan otot-otot yang tegang, sehingga mengurangi rasa kram. Beberapa sayuran yang baik untuk mencegah nyeri menstruasi adalah bayam dan kangkung. Selain mengurangi rasa nyeri, sayuran tersebut juga bisa mengurangi rasa kembung pada perut.

Advertisement

Kandungan seperti lemak jenuh dan gula dalam makanan cepat saji bisa meninggatkan kadar estrogen dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri ketika haid.

Pepaya
Ada baiknya, Anda membiasakan diri mengonsumsi pepaya saat sarapan. Pepaya juga baik menjadi kudapan Anda, daripada mengonsumsi camilan yang mengandung bahan makanan bernahaya untuk kesehatan.

Pepaya ini kaya akan karoten, vitamin A dan C, serta enzim papain. Perpaduan zat-zat tersebut bisa memperlancar sirkulasi dalam siklus menstruasi.

Advertisement

Kayu Manis
Kayu manis adalah bahan makanan yang bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Selain itu, kayu manis juga bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Sinar Matahari
Saat pagi hari, sebelum matahari tinggi, luangkan waktu untuk berjemur. Kandungan vitamin D3 yang ada pada pancaran sinar matahari efektif mengurangi ketegangan otot, sehingga bisa mencegah dan mengurangi kram.

Olahraga
Senam aerobik atau berenang adalah olahraga yang baik untuk menghindarkan Anda dari rasa nyeri. Selain itu, Anda juga bisa menjajal yoga.

Advertisement

Kenari, Almond, dan Biji Labu
Kenari, almond, dan biji labu kaya akan kandungan zat mangan dan Omega 3. Dua zat tersebut membantu Anda untuk mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi.

Air Putih
Minum air putih, terlebih air hangat bisa membuat aliran darah Anda lancar. Selain itu, air putih hangat juga bisa meredakan rasa kram pada perut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif