Soloraya
Rabu, 14 Oktober 2015 - 17:40 WIB

TAMAN BALEKAMBANG SOLO : UPTD Tambah Kapasitas Pengunjung di Open Stage

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana Bakdan Ing Balekambang, Minggu (19/7/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Taman Balekambang Solo, UPTD Kawasan Wisata Balekambang akan menambah fasilitas.

Solopos.com, SOLO–Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kawasan Wisata Taman Balekambang berencana menambah kapasitas penonton di open stage atau panggung terbuka di Taman Balekambang.

Advertisement

Rencana itu muncul karena membeludaknya penonton saat diadakan pementasan Sendratari Ramayana setiap bulan.

Menurut Kepala UPTD Kawasan Wisata Taman Balekambang, Endang Sri Murniati, total kapasitas penonton dalam panggung terbuka itu sekitar 700 orang, sedangkan saat diadakan Sendratari Ramayana penontonnya membeludak hingga lebih dari 1.000 orang. Akhirnya, banyak penonton yang terpaksa berdiri karena tidak mendapat tempat duduk. Bahkan, menurut dia, mulai ada sekitar 20 turis asing kini menonton pertunjukan itu.

“Sendratari Ramayana yang digelar sekali dalam sebulan dan telah berlangsung selama empat tahun ini selalu dipadati penonton. Bahkan, mereka yang terlambat datang hanya bisa berdiri karena tempat duduk penuh. Dari kondisi itulah, kami ingin menambah fasilitas tempat duduk penonton di panggung terbuka,” katanya saat ditemui Espos, Selasa (5/10/215).

Advertisement

“Saya sudah menerima usulan itu secara lesan. Intinya, saya mendukung rencana itu. Bahkan, renovasinya tidak hanya penambahan kapasitas tempat duduk penonton. Tapi, juga peninggian panggung dan pengurangan beberapa tiang penyangga di bangunan joglo agar pertunjukan lebih maksimal,” ujarnya saat dihubungi Solopos. com, Rabu (14/10).

Ia berharap UPTD Kawasan Wisata Taman Balekambang segera mengajukan usulan renovasi itu sehingga bisa dianggarkan secepatnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif