Soloraya
Selasa, 13 Oktober 2015 - 17:40 WIB

KIRAB 1 SURA : Inilah 5 Kantong Parkir Kendaraan di Solo Selama Kirab

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Abdi dalem keluar dari gerbang Pura Mangkunegara, Solo, seraya membaca pusaka untuk dikirab dalam perayaan Malam 1 Sura, Sabtu (25/10/2014) dini hari. (JIBI/Solopos/ Ardiansyah Indra Kumala)

Kirab 1 Sura, Dishubkominfo Solo menyediakan lima kantong parkir selama pelaksanaan kirab.

Solopos.com, SOLO–Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo menyiapkan lima kantong parkir selama gelaran Kirab 1 Sura di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (14/10/2015).

Advertisement

Lima kantong parkir itu adalah kawasan alun-alun kidul, benteng Vastenburg, kawasan parkir Pusat Grosir Solo (PGS), kawasan parkir Beteng Trade center (BTC), dan sebelah Bank Danamon.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Sri Baskoro, mengatakan seluruh kendaraan warga yang ingin menonton acara tersebut diparkirkan di lima kantong parkir itu. Sejumlah jalan seperti di kawasan alun-alun utara, Jl. Supit Urang, dan Kori Kamandungan steril dari kendaraan parkir. Hal ini karena jalan tersebut akan menjadi rute kirab 1 Sura.

“Saat kirab biasanya lebih banyak warga yang jalan kaki, sehingga rute yang akan dilewati untuk kirab harus steril dari kendaraan yang parkir. Ini supaya kirab bisa berjalan dengan lancar,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (12/10/2015).

Advertisement

Dia mengatakan sejumlah jalan juga akan diterapkan buka tutup jalan. Direncanakan buka tutup jalan dilaksanakan mulai pukul 21.00 WIB. Jalan yang akan dibuka tutup yakni Jl. Slamet Riyadi atau kawasan Gladak dan Jl. Supit Urang.

“Untuk rute kirab dari keraton, langsung menuju Jl. Slamet Riyadi, samping Telkom dan Jl. Mayor Kusmanto. Kirab diperkirakan akan berlangsung hingga tengah malam,” terang Baskoro.

Baskoro menjelaskan untuk kirab 1 Sura di Pura Mangkunegaran juga akan dilakukan sterilisasi parkir di sejumlah jalan depan Pura tersebut. Untuk parkir kendaraan disiapkan kantong parkir di jalur cepat Jl. Slamet Riyadi dan SMPN 3 Solo.

Advertisement

“Untuk parkir on street yang biasanya di depan Pura Mangkunegaran juga dilarang. Karena jika banyak kendaraan yang parkir di jalan tersebut bisa mengganggu acara kirab,” kata dia.

Kirab 1 Sura Pura Mangkunegaran, kata dia, yang dilaksanakan pada Selasa (13/10/2015) malam ini juga dilakukan sistem buka tutup jalan. Sejumlah jalan yang akan dibuka tutup yakni jalan menuju Keprabon, Ngarsopuro, dan pintu barat Pura Mangkunegaran.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif