News
Selasa, 13 Oktober 2015 - 13:10 WIB

FOTO KONTROVERSIAL : Soal “Presiden Megawati”, Begini Penjelasan KBRI Seoul

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto spanduk "Presiden Megawati" di Korea Selatan. (Istimewa)

Foto kontroversial spanduk “Presiden Megawati Soekarnoputri” membuat heboh media sosial.

Solopos.com, BUSAN – Nama Megawati Soekarnoputri kembali ramai dibicarakan. Pangkalnya, nama Mega muncul dalam spanduk Busan Indonesia Center (BIC) dengan atribut panggilan sebagai Presiden.

Advertisement

Dilansir Detik, Selasa (13/10/2015), Megawati Soekarnoputri rencananya bakal berkunjung ke Korea Selatan (Korsel) dalam waktu dekat. Sebuah spanduk disiapkan untuk menyambutnya di Busan. Dalam spanduk tersebut tertulis “Selamat Datang Ibu Presiden Megawati Soekarnoputri di Busan Indonesia Center”.

Media sosial heboh dengan kemunculan foto tersebut. KBRI Seoul pun memberikan penjelasan terkait sambutan bagi Presiden ke-5 RI tersebut.

Berdasarkan keterangan yang didapatkan dari Pensosbud KBRI Seoul, spanduk itu dibuat oleh warga Korea Selatan selaku pemilik gedung. Pemilik gedung membuat spanduk tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak KBRI.Pemilik gedung Busan Indonesia Center (BIC) di Korea Selatan salah memasang spanduk penyambutan untuk Megawati Soekarnoputri. KBRI Seoul minta spanduk itu dicopot lalu diganti dengan tulisan yang benar.

Advertisement

“KBRI Seoul telah meminta pemilik gedung untuk memperbaiki spanduk tersebut dengan penyebutan PresidenRI ke-5,” demikian pernyataan KBRI Seoul yang diposting di Facebook resminya, Selasa (13/10/2015).

“Spanduk dibuat oleh Warga Negara Korea yang merupakan pemilik gedung yang dinamakan Busan Indonesia Center (BIC) tanpa berkonsultasi dengan KBRI Seoul,” demikian penjelasan KBRI Seoul.

Megawati akan terbang ke Korsel dalam rangka memenuhi undangan Gubernur Provinsi Jeju dan Korea Maritime and OceanUniversity. Megawati akan menerima gelar honoris causa.

Advertisement

Selain itu, Megawati juga dijadwalkan bertemu Presiden Korsel dan Ketua Partai Saenuri. Megawati berada di Korsel dari tanggal 15 Oktober hingga 21 Oktober 2015.

Inilah klarifikasi KBRI Seoul yang dirilis melalui laman Facebook;

PENGUMUMAN:
KLARIFIKASI KBRI SEOUL MENGENAI SPANDUK DI BUSAN INDONESIA CENTER

1. Spanduk dibuat oleh Warga Negara Korea yang merupakan pemilik gedung yang dinamakan Busan Indonesia Center (BIC) tanpa berkonsultasi dengan KBRI Seoul.
2. KBRI Seoul menyewa sepetak ruangan di gedung BIC untuk pelayanan kekonsuleran.
3. KBRI Seoul telah meminta pemilik gedung unutk memperbaiki spanduk tersebut dengan penyebutan Presiden RI ke-5.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif