News
Selasa, 13 Oktober 2015 - 19:30 WIB

BENTROKAN ACEH : 1 Gereja Dibakar dan 2 Tewas di Aceh Singkil, Ini Pesan JK

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Garis Polisi (JIBI/Dok)

Bentrokan Aceh Singkil menjadi tragedi kesekian kalinya akibat konflik sara di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Bentrokan terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Nangroe Aceh Darussalam. Sebuah gereja dibakar massa dan dua orang meninggal dunia akibat bentrokan dua kelompok massa yang berbeda agama itu.

Advertisement

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta semua persoalan menyangkut suku, agama, ras, dan antargolongan agar diselesaikan dengan baik dan adil.

Pernyataan JK itu menanggapi keributan antarkelompok umat beragama yang terjadi di Aceh Singkil tersebut. Berdasarkan pemberitaan Tempo.co yang dikutip Bisnis/JIBI, satu gereja dibakar massa dan dua orang meninggal dunia akibat bentrokan dua kelompok massa yang berbeda agama.

“Ya semua masalah sara [suku, ras, dan agama harus diselesaikan dengan baik, adil, sesuai aturan supaya jangan timbul masalah,” katanya, Selasa (13/10/2015).

Advertisement

JK mengungkapkan dirinya sudah berbicara dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan mendapat kabar rinci terkait kesalahpahaman yang terjadi di provinsi paling barat Indonesia tersebut.

Hari ini, Selasa (13/10/2015), Kapolda Aceh, Irjen Pol Husein Hamidi, telah mendatangi lokasi bentrokan dan meminta masyarakat setempat menahan diri. Selanjutnya, Rabu (14/10/2015) besok, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo juga akan mendatangi lokasi pertikaian.

“Jadi mudah-mudahan bisa diselesaikan oleh pejabat di sana. Panglima, gubernur, Kapolda sudah ke sana,” sebutnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif