Sport
Selasa, 13 Oktober 2015 - 17:25 WIB

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelatih baru Liverpool Jurgen Klopp akan menghadapi lima laga besar di awal karirnya melatih Liverpool. JIBI/Reuters/dok

PELATIH BARU LIVERPOOL : Klopp Hadapi Lima Laga Tantangan Besar

Pelatih baru Liverpool Jurgen Klopp bakal menghadapi lima laga besar pertama yang penuh tantangan.

Advertisement

 

Solopos.com, LIVERPOOL– Harapan Liverpool dan seluruh pendukungnya membumbung tinggi setelah Jurgen Klopp diboyong ke Anfield. Yang sudah-sudah, manajer baru The Reds banyak menjalani start yang lambat.

Dari enam pelatih terakhir yang menangani Liverpool, start terburuk justru dialami Brendan Rodgers. Setelah diboyong dari Swansea City, Rodgers gagal memberi The Reds kemenangan di lima pertandingan pertama. Hasil-hasil yang didapat Steven Gerrard dkk adalah Draw 2 Loose 3 (4-10).

Faktanya, itu merupakan salah satu start terburuk manajer baru Liverpool sejak era Premier League. Bahkan Rafael Benitez yang memberi Liverpool trofi Liga Champions juga menjalani awal yang tersendat di Anfield. Dalam lima laga pertamanya Rafa meraih hasil W2 D1 L2 (2-7). Pun begitu dengan Gerard Houllier yang punya statistik W2 D0 L3 (8-8).

Pelatih dengan start terbaik adalah Kenny Dalglish. Saat memutuskan kembali duduk di kursi pelatih, dia memberi Liverpool tiga kemenangan di lima laga pertama.

Bagaimana dengan Klopp? Sama seperti para pendahulunya dia juga diprediksi akan butuh waktu untuk beradaptasi dengan skuat Liverpool dan membiasakan diri dengan Premier League. Selain itu, Klopp juga ditunggu pertandingan-pertandingan yang tak mudah di awal perjalanannya.

Pada akhir pekan ini Liverpool akan bertamu ke Tottenham Hotspur dalam lanjutan Premier League. Ladbrokes, bWin, William Hill dan banyak rumah taruhan lain menjagokan tuan rumah akan mendapat tiga poin dari pertandingan tersebut. Sebelum diimbangi Swansea dan AS Monaco, Spurs berhasil menggasak Manchester City di White Hart Lane dengan skor 4-1.

Advertisement

Seusai menghadapi Rubin Kazan di Liga Europa, Klopp akan mempersiapkan anak didiknya menjamu Southampton. Sama seperti Spurs, Soton juga punya potensi menyulitkan. Soton tak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir, termasuk saat mengandaskan Chelsea dengan 3-1 di Stamford Bridge.

Di akhir Oktober Bournemouth akan datang ke Anfield untuk menjalani babak 16 besar Piala Liga Inggris. Setelah itu perjuangan berat akan dihadapi karena mereka akan bertamu ke Chelsea.

Dari enam pelatih terakhir Liverpool, dua yang paling sukses adalah Houllier dan Benitez. Houllier mengantar Liverpool menjuarai Piala FA, Piala Liga Inggris (2 kali), Community Shield, dan Piala UEFA. Sementara Benitez memberi Piala FA, Community Shield, Liga Champions dan Piala Super Eropa.

Bagaiamana Klopp akan mengawali kiprahnya bersama Liverpool? Akankah dia melebihi sesukses Houllier atau Benitez? (JIBI/Solopos/dtc)

5 Pertandingan pertama Klopp di Liverpool

– 17 Oktober Tottenham vs Liverpool – Premier League
– 23 Oktober Liverpool vs Rubin Kazan – Liga Europa
– 25 Oktober Liverpool vs Southampton – Premier League
– 29 Oktober Liverpool vs Bournemouth – Piala Liga Inggris (Babak 16 Besar)
– 31 Oktober Chelsea vs Liverpool – Premier League

Statistik pelatih-pelatih Liverpool di 5 pertandingan pertama

Advertisement

Manager

Menang

Seri

Kalah

Selisih Gol

Evans

1

1

Advertisement

3

5-10

Houllier

2

0

3

8-8

Benitez

2

Advertisement

1

2

7-5

Hodgson

1

2

2

4-7

Advertisement
Dalglish

3

1

1

9-4

Rodgers

0

2

3

Advertisement

4-10

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif