Lifestyle
Senin, 12 Oktober 2015 - 01:45 WIB

TIPS TRAVELING : Ini 15 Cara Unik Cara Mengepak Barang

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi traveling (JIBI/Dok)

Tips Traveling kali ini berkaitan dengan mengepak barang dengan 15 cara unik.

Solopos.com, SOLO – Saat traveling biasanya kecewa ketika barang penting justru ketinggalan. Peristiwa itu tidak akan dialami jika seseorang telah mempersiapkan barang dengan matang.

Advertisement

Berikut ada 15 tips unik mengepak barang yang dirangkum dari traveltips4life

Mendaftar Kebutuhan

Ada baiknya mendaftar semua kebutuhan barang selama bepergian sebelum mengumpulkan barang yang akan di-pak. Perhatikan, seberapa lama anda pergi, bagaimana kondisi tujuan anda dan barang yang sekiranya tidak ada kemudian harus dibeli.

Advertisement

Membawa Kantong Plastik

Pastikan anda tidak melupakan kantong plastik. Benda yang jarang dipikirkan orang ini ternyata membawa manfaat banyak. Seperti tempat untuk baju kotor, karena anda tidak akan mencampur dengan baju yang bersih.

Periksa Biaya

Daftar semua biaya yang akan anda butuhkan. Biaya yang dimaksud seperti biaya transportasi, biaya fasilitas (tempat parkir, penyimpanan bagasi), biaya makan dan lainnya. Jangan lupa menambahkan biaya tak terduga untuk mengatasi hal-hal yang terjadi secara mendadak.

Advertisement

Pilah dan Cek

Menempatkan barang secara strategis itu perlu. Semisal kita menyiapkan dua tas (ransel/koper dan jinjing). Tas ransel sebagai tempat untuk barang yang tidak perlu diambil ketika kita melakukan perjalanan. Sedangkan tas jinjing berisi ponsel, dompet, paspor dan sebagainya. Jangan lupa cek semua, karena anda tidak akan kembali memilah bagasi ataupun koper untuk menemukan dompet guna membayar biaya transportasi.

Gunakan Dryer Sheet

Anda pastinya tidak ingin bila pakaian kotor yang tersimpan menimbulkan bau tidak enak. Oleh karenanya selipkan dryer sheet, lembar pengering untuk menjaga pakaian tetap lembut dan wangi. Dryer sheet ini berbentuk lembaran seperti tisu tapi dapat menjaga aroma pakaian tetap wangi.

Advertisement

Membawa Tas Bersama Anda

Jika anda ingin menjadi traveler sejati, jangan biarkan tas anda tinggal di suatu tempat. Rencanakan untuk selalu membawa selalu agar tetap bersama anda. Hal ini akan menghindari biaya sewa tempat tas, selain itu anda dapat mengambil sesuka hati barang yang dibutuhkan.

Jangan Salah Kostum

Jangan sampai anda salah kostum dalam suatu acara. Bawalah jaket karena anda akan melewati perjalanan jauh. Terutama jika anda melewati waktu malam ketika masih di kendaraan. Namun pastikan, jangan sampai pakaian yang dibawa memakan tempat tas yang dikenakan.

Advertisement

Mainkan Seperti Lego

Jika anda merasa paling malas untuk mengepak barang, mainkan seperti lego. Menata barang bawaan agar terlihat rapi dan muat memang cukup menyusahkan. Tapi tidak jika anda berfikir bahwa ini adalah sebuah permainan dimana anda sedang menyusun barang bawaan.

Prioritaskan Tempat

Prioritas tempat juga perlu bagi penataan barang-barang. Pilahkan barang yang sekiranya tidak sering digunakan untuk ditempatkan dipaling bawah. Sebaliknya, berikan tempat paling atas untuk barang yang sekiranya sering dikeluarkan dan diperlukan.

Manfaatkan Ruang Sepatu

Barang-barang berharga dapat ditempatkan di ruang yang tak bisa diperkirakan orang seperti sepatu. Ketika anda membawa sepatu cadangan, manfaatkan ruang kosong dalam sepatu untuk menyimpan kaus kaki atau barang berharga untuk menghemat tempat.

Advertisement

Gunakan Sepatu Selop

Saat perjalanan jauh hingga memungkinkan anda melewati bandara, gunakan sepatu selop. Sepatu yang tidak memerlukan tali atau perekat ini mudah dilepas dan dipakai karena jika dibandara anda akan diminta untuk melepas sepatu. Akhirnya anda tidak akan kerepotan dengan benda yang satu ini.

Gulung Daripada Lipat

Tips ini akan mengejutkan jika dipraktekkan. Menggulung pakaian setelah proses pelipatan akan menghemat ruangan dibanding hanya dengan melipatnya. Tentunya menggulung pakaian ini juga tidak akan membuat pakaian anda kusut.

Lipat Ninja

Anda pasti akan kerepotan jika tiba-tiba harus membongkar pakaian di koper untuk mendapatkan satu barang di dalamnya. Cara lipat ninja ini sangat efisien dan akan membuat anda terkagum.

Bawa Karet

Benda sepele ini juga memiliki banyak manfaat. Anda bisa menggunakan karet untuk mengepak satu setel pakaian yang dapat digulung secara bersamaan. Karet ini juga akan berguna ketika anda nanti melakukan perjalanan.

Layanan Laundry

Gunakan layanan laundry jika anda memang sangat sibuk dengan aktivitas. Dengan cara ini, anda akan mendapati pakaian di tas selalu segar dan tidak khawatir akan pakaian kotor. (Fitria Julestri/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif