Sport
Senin, 12 Oktober 2015 - 06:25 WIB

KUALIFIKASI EURO CUP 2016 : Hadapi Montenegro, Selangkah Lagi Rusia ke Prancis

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kualifikasi Euro Cup 2016 tinggal selangkah lagi untuk Rusia menuju Prancis.

Solopos.com, MOSKOW— Rusia bertekad mendampingi Austria sebagai pemegang tiket otomatis ke Euro 2016 dari Grup G. Syaratnya tidak sulit. Tim berjuluk Sbornaya hanya perlu bermain imbang ketika menjamu Montenegro di Otkrytie Arena, Moskow, Senin (12/10/2015) pukul 23.00 WIB.

Advertisement

Langkah Rusia menuju Prancis semakin dekat setelah mereka menang 2-1 di Moldova, Sabtu (10/10/2015) WIB.  Tim polesan Leonid Slutsky tersebut bertengger di peringkat kedua di klasemen sementara Grup G dengan nilai 17, unggul dua poin dari Swedia yang bercokol di peringkat ketiga.

Rusia dan Swedia bersaing sengit menjadi pendamping Austria yang telah memastikan diri lolos sebagai juara Grup G setelah menang 3-2 di Montenegro, Sabtu lalu.  

Advertisement

Rusia dan Swedia bersaing sengit menjadi pendamping Austria yang telah memastikan diri lolos sebagai juara Grup G setelah menang 3-2 di Montenegro, Sabtu lalu.  

Namun, kondisi Rusia lebih diuntungkan karena tim asal Negeri Beruang Merah itu unggul secara head to head atas Swedia. Artinya, Rusia hanya perlu mengklaim hasil imbang pada laga terakhir di Moskow meski pada waktu bersamaan Swedia menang atas Moldova.

Tiket ke Euro 2016 begitu penting bagi Rusia. Euro tahun depan bisa menjadi ajang pemanasan bagi mereka sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Obsesi Rusia menjejakkan kaki di Prancis terlihat besar. Terbukti mereka tak segan memecat pelatih Fabio Capello ketika kans mereka lolos ke Prancis sempat menipis di kualifikasi pada Agustus lalu.

Advertisement

Full back Sergei Ignashevich dan penyerang Arten Dzyuba yang melesakkan gol ke gawang Moldova akan kembali menjadi andalan Rusia. Anak asuh Slutsky mendominasi pertandingan atas Moldova. Tapi kemenangan itu masih menyisakan pertanyaan di bagian belakang setelah gawang mereka kebobolan di menit-menit akhir pertandingan.

“Beruntung, kami bisa bertahan dari badai Moldova  di menit-menit akhir,” ujar Slutsky, seperti dilansir thenews.com, Minggu (11/10/2015).

Misi Rusia untuk memetik kemenangan di Moskow sepertinya akan berjalan mulus. Montenegro yang dipastikan gagal lolos ke Euro 2016 setelah kalah 2-3 dari Austria, Sabtu lalu, tidak akan membawa bintang ternama seperti Stevan Jovetic, Marko Basa, Zarko Tomasevic, dan Vukasin Poleksic ke Rusia. Striker Mirko Vucinic juga dipastikan absen karena sanksi.

Advertisement

“Kami sedih karena tereliminasi, namun saya harus katakan kami bermain lebih baik pada kualifikasi ini. Sekarang kami harus menemukan motivasi untuk bermain pada laga terakhir. Kami akan kehilangan beberapa pemain yang cedera, plus Mirko Vucinic yang terkena hukuman. Namun kami harus bermain melawan Rusia di Moskow dengan menjaga kebanggaan,” ujar Pelatih Montenegro, Branko Brnovic, seperti dikutip uefa.com. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Pemain Rusia Sergei Ignashevich (tengah) merayakan gol saat melawan Moldova. JIBI/Rtr/Gleb Garanich

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif