Lifestyle
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 02:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Berpikir Positif, Kunci Utama Enyahkan Sakit Jantung

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi serangan jantung (foxnews.com)

Tips kesehatan menyebutkan berpikir positif adalah kunci utama untuk mengenyahkan penyakit jantung.

Solopos.com, SOLO – Menurut penelitian, orang yang memiliki pikiran positif biasanya senang melakukan perilaku hidup sehat dalam jangka panjang, sehingga risiko terkena penyakit jantung pun turun.

Advertisement

Menurut studi jurnal Psychosomatic Medicine, para peneliti yang meneliti lebih dari 1.000 orang pasien jantung koroner selama lebih dari lima tahun. Mereka menanyai pasien mengenai 10 emosi positif yang spesifik seperti tertarik, bangga, antusias, dan terinspirasi.

Tak hanya itu, para peneliti juga mencatat aktivitas fisik, kualitas tidur, pengobatan dan konsumsi rokok serta alkohol pasien.

Mereka menemukan, pasien yang memiliki pikiran positif cenderung lebih aktif secara fisik, tidur lebih baik dan melakukan pengobatan untuk jantung mereka, serta mengurangi kebiasaan merokok, dibandingkan pasien yang berpikiran negatif.

Advertisement

“Emosi negatif dan depresi berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, masih kurang jelas bagaimana emosi positif bisa melindungi kesehatan kita,” kata peneliti dari Pennsylvania State University di Amerika Serikat, Nancy Sin seperti diberitakan Antara dari Indian Express.

Kendati demikian, dia mencatat, emosi positif berhubungan dengan kebiasaan sehat, yang mampu mengurangi risiko terjadinya masalah jantung dan kematian dini di kemudian hari.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif