Teknologi
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 17:45 WIB

TIPS FOTOGRAFI : Pengin Motret Kuliner Tradisional? Begini Triknya

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto kuliner tradisional oleh Barry Kusuma. (Instagram.com)

Tips fotografi kali ini tentang cara membuat foto kuliner tradisional terlihat lezat.

Solopos.com, SOLO – Memotret kuliner tradisional ternyata bukan perkara mudah. Jika salah, foto yang dihasilkan justru bisa merusak selera makan. Lantas bagaimana supaya foto kuliner tradisional tampak menggoda? Simak terus tips fotografi berikut ini.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari Instagram fotografer dan traveler Barry Kusuma, Jumat (9/10/2015), berikut ini beberapa tips fotografi dalam memotret kuliner tradisional supaya gambar yang dihasilkan tampak menggoda.

Menurut Barry, kunci utama dalam menghasilkan foto kuliner yang baik adalah pencahayaan. Setelah memesan makanan di warung, ada baiknya mencari tempat duduk di dekat jendela yang mendapatkan cahaya matahari langsung.

“Atur pencahayaan agar cukup dan makanan terlihat natural. Italah kenapa penting sekali mencari cahaya alami dari matahari di tepi jendela,” tulis Barry.

Advertisement

Selanjutnya Barry menyarankan supaya memesan lebih dari satu makanan. Misalkan Anda memesan rendang, pesanlah juga telur balado atau beberapa makanan dan lauk lain. Hal itu berguna untuk memudahkan fotografer dalam mengatur komposisi foto.

“Kumpulkan lauk pauk menjadi satu, jadi rendang yang jadi objek utama tidak mengambil proporsi komposisi yang terlalu dominan. Kemudian ambil angle dari atas sehingga semua lauk pauknya terlihat dan masuk dalam satu komposisi,” terang dia.

Barry menambahkan, trik yang sama juga cocok untuk memotret kuliner tradisional lain. Akan tetapi perlu diingat, gambar yang diambil tidak melulu harus close up. Sebab tidak semua makanan tradisional sedap dipandang dari jarak dekat.

Advertisement

Menurutnya, kunci kesuksesan memotret kuliner tradisional adalah kreativitas fotografer dalam mengombinasikan makanan yang menjadi objek utama dengan makanan lainnya.

“Dan yang terpenting, foto kuliner yang sukses itu adalah foto yang bisa membuat orang jadi lapar,” tutup Barry.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif