Otomotif
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 01:10 WIB

MOBIL UNIK : Mobil Kertas Ini Ternyata Punya Mesin dan Bisa Dikendarai

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil origami replika Lexus IS Saloon. (Carscoops.com)

Mobil unik Lexus Origami Car terbuat dari kertas dan dapat dikendarai.

Solopos.com, TOKYO – Setelah mobil pendeteksi detak jantung, Lexus kembali menciptakan mobil unik berbahan kertas karton. Uniknya lagi, mobil yang diberi nama Lexus Origami Car itu berukuran mirip sedan Lexus IS Saloon sungguhan serta dapat dikendarai karena dibekali mesin.

Advertisement

Dalam siaran resminya, divisi mobil mewah Toyota itu mengatakan pembuatan mobil unik berbahan kertas itu bertujuan untuk melestarikan kesenian melipat kertas asal Jepang, origami, serta memperingati diciptakannya mobil untuk kali pertama oleh Nicolas J Cugnot di Prancis 1801 silam.

Layaknya mobil sungguhan, mobil kertas Lexus Origami Car juga memiliki bumper, grille, kap, bodi, sasis, pintu, roda, spion, rumah lampu, dashboard, jok dan kelengkapan interior lainnya yang dapat dibongkar pasang.

Bersama perusahaan spesialis replika asal Inggris, Laser Cut Works Scale and Models (LCWSM), Lexus menggambar setiap bagian mobil itu ke dalam program desain tiga dimensi. Selanjutnya, bagian-bagian itu dicetak dan dipotong sekaligus menggunakan printer laser.

Advertisement

Total, mobil sedan Lexus IS Saloon berbahan kertas itu menghabiskan 1.700 lembar kertas karton 10 mm.

Sementara itu proses pelipatan dan pengelemannya dilakukan secara manual oleh lima orang. Proses penyatuan masing-masing bagian mobil memerlukan waktu 12 hari dan seluruh prosesnya baru selesai setelah tiga bulan.

“Mobil Lexus Origami Car ini dibuat dengan semangat dan bakat ke tingkat yang jauh lebih tinggi. Semangat yang sama itu juga diterapkan oleh Lexus dalam menciptakan produk di dunia otomotif global,” tulis Lexus dalam siaran resminya seperti dilansir laman Carscoops, Kamis (8/10/2015).

Advertisement

Hasil akhirnya, Lexus Origami Car benar-benar mirip dengan sedan Lexus IS Saloon dan dapat memuat satu orang. Tetapi mobil bukanlah mobil jika tidak memiliki mesin dan tidak dapat berjalan, makanya Lexus membekali mobil unik itu dengan mesin listrik.

Tidak disimpan sendiri, mobil unik berbahan kertas itu nantinya akan dipamerkan Lexus di pameran desain tiga dimensi Grand Design Live Show di Birmingham, Inggris akhir pekan ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif