News
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 14:45 WIB

HARGA MINYAK DUNIA : Harga Minyak Mentah Naik 20 Sen

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

Harga minyak dunia naik 20 sen menjadi berakhir di US$49,63 per barel di New York Mercantile Exchange.

Solopos.com, JAKARTA — Harga minyak naik tipis di New York dan merosot di London pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena para pedagang membukukan keuntungan dari reli sepekan didorong harapan pengurangan kelebihan pasokan dari penurunan produksi minyak mentah AS.

Advertisement

PatokanAS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November, naik 20 sen menjadi berakhir di US$49,63 per barel di New York Mercantile Exchange.
Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November, patokan global, jatuh menjadi menetap di US$52,65 per barel di perdagangan London, turun 40 sen dari penutupan Kamis.
Kontrak berjangka AS telah bergerak lebih tinggi di atas US$50 untuk sebagian besar hari sebelum momentumnya mereda di Nymex.

“Kami hanya melihat sedikit aksi ambil untung di akhir dari minggu yang sangat, sangat kuat,” kata Matt Smith dari ClipperData.

“Setelah reli cukup kuat dalam beberapa hari terakhir, kami berlari ke dalam resistensi tepat di tingkat US$50 ini.”

Advertisement

Harga WTI, yang stabil sekitar US$45 pada September setelah mencapai terendah enam tahun, telah berbalik naik bulan ini dan melompat 9,0% selama lima hari perdagangan terakhir, sementara Brent naik 9,4%.

Ada tanda baru menunjuk ke prospek cerah untuk pasar yang kelebihan pasokan — penurunan lain dalam kegiatan eksplorasi AS, menurut hitungan rig minyak AS mingguan Baker Hughes.

Jumlah rig aktif turun sembilan riga pada pekan lalu, menandai penurunan keenam berturut-turut dalam data yang diawasi secara ketat.

Advertisement

Pelambatan pengeboran tampak mendukung laporan Departemen EnergiAS minggu ini tentang penurunan produksi minyak mentah AS pada September.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif