News
Jumat, 9 Oktober 2015 - 15:45 WIB

THE MUSLIM 500 : Jokowi hingga Habib Lutfi Masuk 50 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Muslim Paling Berpengaruh Dunia. (Istimewa/themuslim500.com)

The Muslim 500 memuat tokoh paling berpengaruh dunia.

Solopos.com, SOLO – Nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj masuk dalam daftar 50 muslim paling berpengaruh dunia. Jokowi berada di urutan 11 sementara Said di urutan 18.

Advertisement

Daftar ini diterbitkan oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre 20 Sa’ed Bino Road, Dabuq, Yordania dalam The Muslim 500. Raja Abdullah II bin Al-Hussein menjadi pemuncak daftar, disusul Dr Sheikh Ahmad Muhammad Al-Tayyeb dari Mesir dan King Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud dari Arab Saudi.

Daftar itu juga memuat Ayatollah Ali Khamenei dari Iran dan Presiden Turki, Recep Tayib Endorgan. Keduanya masuk dalam 10 besar tokoh Islam paling berpengaruh dunia.

Selain kedua nama itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin, dan Ahli Thariqah al-Mu’tabarah al-Nahdliyah Indonesia, Habib Luthfi bin Yahya juga masuk dalam daftar 50.

Advertisement

Jokowi digambarkan sebagai sosok yang berpengaruh. Reputasi politik yang bersih dan sukses dinilai sebagai pendorong utama. Selain itu, Jokowi juga dinilai memiliki gaya kepemimpinan yang populis.

“Dia memungkinkan kita untuk mengatakan kepada anak-anak kita “lihatlah Jokowi”, dia dulu cuma penjual kayu, dibesarkan di perkampungan miskin dan sekaran menjadi presiden kita. Sekarang siapa pun bisa menjadi presiden,” tulis ulasan di laman themuslim500.com seperti dikutip Solopos.com, Jumat (9/10/2015).

Sedangkan Said Aqil dianggap sebagai representasi paling pas untuk dakwah NU, sebagai organisasi dakwah Islam terbesar di Indonesia. Said juga dianggap sebagai “Model of Tradisionalism”. Selain itu dia juga aktif dalam pembelaan hak asasi manusia dan reformasi di bidang pendidikan.

Advertisement

Laman ini juga menggambarkan Din Syamsuddin dengan kompleks. Din dianggap sebagai tokoh yang mampu menjadi penengang. Laman itu juga menggambarkan Muhammadiyah, organisasi yang dipimpin Din 2005-2015, memiliki 172 universitas, 484 klinik dan rumah sakit, 600 panti asuhan dan 300 lembaga pembiayaan mikro.

Tokoh lain, Luthfi bin Yahya dianggap memiliki kapasitas yang sangat mumpuni. Dia mengasuh ribuan sekolah dan masjid, dan dianggap sebagai ulama yang unggul dalam keilmuan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif