Teknologi
Jumat, 9 Oktober 2015 - 08:00 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : TV Tuner LG Innotek Indonesia Kuasai Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - LG Innotek (Liputan6.com)

Teknologi terbaru TV Tuner buatan LG Innotek Indonesia mampu menguasai dunia.

Solopos.com, SEOUL — Teknologi terbaru TV tuner yang diproduksi oleh pabrik LG Innotek Indonesia mampu menguasai pasar dunia. Anak perusahaan asal Korea Selatan, LG, itu khusus memproduksi komponen televisi, seluler dan otomotif.

Advertisement

Sebagaimana dilansir Liputan6.com, Kamis (8/10/2015), selain dipasarkan di Indonesia, teknologi terbaru TV Tuner yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat, tersebut juga dipasarkan di beberapa negara lain.

Team Leader Marketing Team LG Innotek Indonesia, Yulian Riatmaji, menjelaskan pabrik LG Innotek di Cikarang didedikasikan untuk tiga komponen yaitu teknologi terbaru TV tuner, Wifi modul, dan Bluetooth modul.

Advertisement

Team Leader Marketing Team LG Innotek Indonesia, Yulian Riatmaji, menjelaskan pabrik LG Innotek di Cikarang didedikasikan untuk tiga komponen yaitu teknologi terbaru TV tuner, Wifi modul, dan Bluetooth modul.

Teknologi terbaru TV tuner dari Cikarang saat ini menguasai 30% pasar dunia dan merupakan pangsa pasar terbesar apabila dibanding dengan produsen lainnya. Pesaing dari LG Innotek dalam bisnis TV tuner antara lain adalah Samsung dari Korea Selatan, Sony dari Jepang, dan Golddragon dari Tiongkok.

“Produksi TV tuner dari LG Innotek Cikarang mencapai 8 juta buah per bulan atau 96 juta per tahun,” jelasnya di kantor LG Innotek, Seoul, Korea Selatan.

Advertisement

Selain itu TV tuner tersebut juga digunakan untuk pasar luar negeri, seperti Vietnam, India, Eropa, dan Korea Selatan. Setiap tahunnya dari produk TV tuner tersebut, LG Innotek Indonesia mampu membukukan angka penjualan di kisaran US$250 juta atau lebih dari Rp3,4 triliun. Untuk diketahui, LG Innotek berdiri tahun 1970 di Korea Selatan.

Pada tahun 1971, produk pertama yang dikenalkan di pasar adalah TV tuner. Pada 2005, LG Innotek kali pertama mengembangkan modul kamera autofokus di dunia dan dua tahun berikutnya memulai bisnis otomotif.

Sedangkan di Indonesia, LG Innotek resmi berdiri tahun 2000 di Bekasi, Jawa Barat dengan nama PT LGITIN. Pada tahun 2007 mulai memproduksi TV turner dan diikuti modul wifi pada tahun 2010.

Advertisement

Dikutip dari Detik, Kamis, teknologi terbaru TV tuner yang diproduksi LG Innotek Indonesia di Cikarang sudah hampir mandiri, dalam arti nyaris 90% mulai dari ketersediaan perangkat sampai prosesnya dibuat secara lokal.

Teknologi terbaru TV Tuner buatan LG Innotek Indonesia selanjutnya bakal didistribusikan ke para vendor pembuat TV, mayoritas diekspor ke negara lain seperti India, Vietnam, Tiongkok, Korea Selatan, Amerika Serikat dan Polandia.

Teknologi terbaru TV tuner memang masih menjadi bisnis utama LG Innotek Indonesia. Sedangkan di urutan berikutnya ada modul Wifi dan modul bluetooth yang juga menjadi andalan dan kencang dari sisi ekspor.

Advertisement

Mifi besutan LG Innotek sendiri saat ini sedang memulai kerja sama dengan Smartfren. Di tahap pertama ada 200.000 unit yang sudah dipasok dari LG Innotek ke Smartfren. Selanjutnya, dua belah pihak masih dalam pembicaraan untuk menghadirkan Mifi Andromax di tahap dua yang sudah dibekali Cat6 untuk mendukung carrier aggregation.

Advertisement
Kata Kunci : Teknologi Terbaru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif