Teknologi
Jumat, 9 Oktober 2015 - 12:30 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Smartfren-LG Innotek Garap Modem 250 Mbps

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - LG Innotek (Liputan6.com)

Teknologi terbaru modem dengan kecepatan 250 Mbps sedang dikembangkan Smartfren-LG Innotek.

Solopos.com, SEOUL — PT Smartfren Telecom kembali menjajaki kerja sama dengan LG Innotek, anak perusahaan dari LG Group, Korea Selatan. Smartfren-LG Innotek akan mengembangkan teknologi terbaru modem dengan kecepatan 250 Mbps.

Advertisement

Chief Research Engineer NS Development Team 2 Development Division 2 LG Innotek, Jeremy Park, menjelaskan, dua bulan lalu LG Innotek dan Smartfreen telah sukses menjalin kerja sama dalam pengembangan teknologi terbaru mifi kategori 4 dengan nama andromax M2S.

Saat ini LG Innotek sedang mengembangkan Mifi kategori 6 dengan beberapa penambahan kemampuan.

Advertisement

Saat ini LG Innotek sedang mengembangkan Mifi kategori 6 dengan beberapa penambahan kemampuan.

“Ada peningkatan kemampuan upload dan download. Selain itu juga baterai pasti akan lebih ditingkatkan,” jelasnya seperti dilansir Liputan6.com, Rabu (7/10/2015) di kantor LG Innotek, Seoul, Korea Selatan.

Ia merincikan, apabila teknologi terbari mifi kategori 4 memiliki kecepatan upload dan download maksimal di angka 150 Mbps, Mifi kategori 6 memiliki kecepatan upload dan download di angka 250 Mbps. Hal itu bisa dilakukan karena chipset yang digunakan juga merupakan kategori 6.

Advertisement

“Kami juga meminta kepada LG Innotek agar kapasitas baterai yang semula hanya di 2.000 mAh meningkat menjadi 2.500 mah,” tambah Mada.

Jeremy mengungkapkan, kemungkinan besar teknologi terbaru itu akan diluncurkan Maret 2016. Namun, kepastian peluncuran tersebut menunggu kepastian dari pihak Smartfren.

“Kami sudah mendapat penjelasan apa saja yang menjadi kelebihan di Mifi kategori 6, tapi untuk detail peluncurannya masih harus dibicarakan lagi karena melihat pasar di Indonesia dahulu,” pungkas Mada.

Advertisement

LG Innotek sendiri siap untuk memproduksi sebanyak 1 juta teknologi terbaru Mifi kategori 6 apabila memang terjadi kesepakatan dengan Smartfren.

Dikutip dari Detik, Rabu, setelah digaet Smartfren, LG Innotek tak cuma mau jadi penggembira di pasar Mifi Indonesia. Vendor asal Korea Selatan yang punya pabrik di Cikarang tersebut sudah punya senjata rahasia yang membuatnya lebih percaya diri untuk bertarung dengan merek lain.

Menurut Manager Component Marketing & Sales LG Innotek, Charlie Park,  chipset Qualcomm menjadi komponen pembeda teknologi terbaru Mifi LG Innotek ketimbang produk sejenis di pasaran.

Advertisement

“Kami punya strategi aliansi dengan Qualcomm, yang memasok chipset MDM 9320 ke Mifi LG Innotek. Dengan chipset tersebut nantinya akan berpengaruh ke performa dan kualitas dari Mifi yang digunakan,” tegas Charlie di Seoul, Korea Selatan.

Selain itu, stabilitas dari perangkat dan urusan desain juga tak bisa dikesampingkan. Charlie menyebut, sebelum melepas teknologi terbaru Mifi LG yang dibundling Smartfren, pihaknya telah melakukan uji lapangan di sejumlah daerah sub urban. Hasilnya perangkat tersebut bisa mengukir kecepatan 25 Mbps-30 Mbps.

“Itu yang kami rasakan saat uji coba. Dengan kehadiran chipset Qualcomm, tak cuma performa dan kualitas yang dihadirkan lewat brand LG. Itulah yang menjadi perbedaan,” yakinnya.

Smartfren sendiri saat ini telah memiliki tiga partner sebagai pemasok Mifi 4G seperti Haier, Huawei dan terakhir LG Innotek. Sedangkan purchase order (PO) yang telah diajukan kepada tiga partner tersebut totalnya 800.000 unit. Dengan rincian Huawei sebanyak 100.000, Haier 450.000, dan LG 250.000 unit.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif