Sport
Jumat, 9 Oktober 2015 - 02:25 WIB

MOTO GP JEPANG 2015 : Selamat Tinggal Kentucky Kid

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap MotoGP Aspar Honda dari Amerika Serikat Nicky Hayden akhrinya memutuskan untuk pindak ke balapan World Motor Superbike. Ist/mcnews.com.au

Moto GP Jepang 2015 akan diwarnai dengan mundurnya pembalap Moto GP Nicky Hayden dan akan berpindah ke World Superbike.

Solopos.com, SUZUKA—Publik memang tengah dibikin penasaran siapa yang akan jadi juara dunia Moto GP 2015 antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Namun, fans justru diberi kejutan baru terkait juara dunia 2006, Nicky Hayden, yang memutuskan untuk hijrah dari Moto GP ke ajang World Superbike (WSBK) musim depan.

Advertisement

Keputusan besar itu diumumkan pembalap berjuluk Kentucky Kid ini dalam sesi jumpa pers penyelenggaraan GP Jepang, di Sirkuit Suzuka, Kamis (8/10/2015). Pembalap yang kini membela Aspar itu akan menjajal WSBK bersama Ten Kate Honda.

Sebenarnya isu kepindahan mantan jagoan Honda dan Ducati itu sudah berhembus sejak paruh kedua kejuaraan kelas premier ini berjalan. Akan tetapi, Hayden baru buka suara perihal masa depan karier balap di Moto GP jelang GP Jepang yang berlangsung, akhir pekan ini.

“Ini akan menjadi musim terakhir saya di Moto GP. Saya akan pindah ke Superbike. Dua musim belakangan posisi saya tak terlalu bagus. Begitu pula dengan hasil balapan saya. Saya tak bisa tampil bagus saat menunggangi motor kelas terbuka milik Honda,” papar Hayden, dilansir motogp.com, Kamis.

Advertisement

Hayden bergabung dengan Aspar sejak musim 2014. Tapi, ia harus absen lima seri karena operasi pergelangan tangan kanan musim lalu. Di musim ini pembalap berusia 34 tahun itu berada di urutan keempat rider kelas terbuka atau terbaik kedua di antara tim terbuka Honda setelah Jack Miller. Sayang, ia hanya mampu mengoleksi 13 poin setelah 14 seri dan terperosok di peringkat ke-19 klasemen sementara.

Satu-satunya pembalap Moto GP asal Amerika Serikat ini bakal mengikuti jejak rider AS lain yang terjun di kejuaraan WSBK. Antara lain, Fred Merkel, Doug Polen, Scott Russell, John Kocinski, Colin Edwards, dan Ben Spies.

“Tentu saja saya akan merindukan Moto GP. Tapi, tak ada yang abadi, itulah hidup. Jadi teruslah berjalan, pergi ke Superbike dengan Honda dan berharap hal yang menyenangkan,” imbuh Hayden.

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, menyayangkan kepergian sang mantan rekan saat mereka membela Ducati musim 2011-2012. Bagaimana pun Rossi dan Hayden pernah terlibat duel sengit ketika perebutan gelar juara dunia 2006 lalu.

Advertisement

“Ini hal yang memalukan bagi Moto GP karena kehilangan Nicky yang merupakan seorang pembalap besar. Saya senang pernah jadi bagian terbaik dalam kariernya saat ia juara dunia. Kami akan merindukannya,” jelas Rossi, dilansir crash.net. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

– Tempat Tanggal Lahir     Owensboro, Kentucky, AS, 30 Juli 1981 (34 tahun)

– Tim         Aspar

– Gelar Juara Dunia Moto GP         1 kali (2006)

Advertisement

Karier Moto GP

– Tahun Aktif         2003-sekarang

– Start      212

– Menang               3 kali

Advertisement

– Podium                28 kali

– Pole Position      5 kali

– Fastest Lap         7 kali

Tim

– Honda   2003-2006

– Ducati   2009-2013

Advertisement

– Aspar (Kelas Terbuka Honda)     2014-sekarang

Posisi Klasemen 5 Musim Terakhir di Moto GP

– 2015       Peringkat ke-19 (14 seri)

– 2014       Peringkat ke-16

– 2013       Peringkat kesembilan

– 2012       Peringkat kesembilan

– 2011       Peringkat kedelapan

*Sumber: motogp.com. crash.net. (rid/JIBI)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif