Sport
Jumat, 9 Oktober 2015 - 07:25 WIB

KUALIFIKASI EURO CUP 2016 : Hadapi Luksemburg, Spanyol Bisa Semulus Jalan Tol

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Spanyol berselebrasi atas kemenangan mereka melawan Slovakia pada kualifikasi Euro Cup 2016 beberapa waktu lalu. Ist/Reuters

Kualifikasi Euro Cup 2016 Grup C antara Luksemburg vs Spanyol bisa jadi menjadi penentu jalan mulus menuju final bagi Spanyol.

Solopos.com, LOGRONO—Perjalanan Spanyol ke babak final Euro 2016 di Prancis diperkirakan bakal berjalan mulus, seperti melewati jalan tol. Tak banyak hambatan berarti.

Advertisement

La Furia Roja, julukan Spanyol, sepertinya telah melupakan tragedi di Piala Dunia 2014 Brasil. Remuk di fase grup di Piala Dunia tahun lalu, bukan berarti pasukan Vicente del Bosque tampil berantakan  selama kualifikasi Euro 2016. Spanyol mendulang tujuh kemenangan dan hanya menelan sekali kekalahan dalam delapan pertandingan sebelumnya di Grup C.

Sergio Busquets dkk. akan memastikan diri lolos ke Prancis tahun depan apabila bisa mengalahkan Luksemburg di Estadio Las Gaunas, Logrono, Sabtu (10/10/2015) pukul 01.45 WIB. La Furia Roja bisa menjadikan tim beringkat ke-142 dunia itu sebagai sasaran empuk di hadapan pendukung mereka. Hal itu terlihat dalam 12 duel di Eropa, Spanyol selalu bisa mengalahkan Luksemburg.

Meski demikian, Spanyol bisa mendapat sandungan kerikil karena badai cedera yang menghantam sebagian sebagai pemain defensif. Bek sentral Sergio Ramos dipastikan mundur dari skuat Spanyol karena cedera bahu. Sementara Dani Carvajal mengalami cedera lutut, Inigo Martinez dibekap cedera otot, dan Bruno Soriano bemasalah dengan lutut. Sebagai gantinya, Del Bosque memasukkan bek Villarreal, Mario Gaspar, dan dua defender Athletic Bilbao, Mikel San Jose, dan Xabi Etxeita dalam skuatnya.

Advertisement

“Saya sedang di rumah dan semuanya antusias ketika saya dapat panggilan [masuk Timnas Spanyol]. Ini sebuah kejutan. Saya tidak menyangka hal itu. Saya senang pelatih mempercaiku dan saya senang menjadi bagian dalam skuat ini,” ujar Etxeita yang tak sabar melakoni debutnya bersama La Furia Roja, seperti dilansir soccerway.com, Kamis (8/10/2015).

Spanyol juga tidak bisa diperkuat gelandang kreatif Andres Iniesta yang cedera, plus striker Diego Costa yang terkena sanksi. Del Bosque sepertinya akan menempatkan Thiago Alcantara atau Isco untuk menggantikan posisi Iniesta. Sementara peran Costa bisa diambil alih Alvaro Morata atau pencetak tiga gol selama kualifikasi, Paco Alcacer.

Sepeti dilansir as.com, dalam latihan tertutup yang digelar Rabu (7/10/2015) sore waktu setempat, Del Bosque menjajal  Busquets, Thiago, dan Cesc Fabregas dalam satu tim di barisan gelandang. Sementara tiga penyerang dalam skema 4-3-3 dipercayakan kepada David Silva, Morata, dan Pedro. Adapun jantung pertahanan La Furia Roja tetap diserahkan bek Barcelona, Gerard Pique, yang belakang menjadi sasaran siulan cemoohan fans Spanyol karena sering mengkritik Real Madrid. Pique akan berdampingan dengan Marc Bartra atau Nacho untuk mengisi posisi yang ditinggalkan tandemnya, Ramos.

Advertisement

“Itu akan menghilang [siulan fans Spanyol] seiring berjalannya waktu, saya yakin itu,” ujar Pique.

Bagaimana dengan Luksemburg? Tim tamu nyaris dalam kondisi full team. Hanya Chris Philipps yang tak bisa tampil karena menjalani sanksi. Tapi Luksemburg sudah tak memiliki kepentingan apa pun di Spanyol karena pasukan Luc Holtz dipastikan gagal meraih tiket ke Prancis, kendati masih menyisakan dua laga di Grup C. Bahkan posisi terbaik hanya bisa diperoleh di peringkat keempat klasemen. Inilah yang menyebabkan sejumlah bursa taruhan menempatkan Spanyol menang telak di Logrono akhir pekan ini. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif