Teknologi
Jumat, 9 Oktober 2015 - 11:45 WIB

GOOGLE DOODLE : Menakjubkan! Ini Alasan Google Pajang Jam Astronomi Praha

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Google Doodle Jam Astronomi Praha. (Istimewa/Google.com)

Google Doodle Jam Astronomi Praha menghiasi Google.com hari ini.

Solopos.com, SOLO – Situs pencari terpopuler di dunia, Google, hari ini memasak “Jam Astronomi Praha” di laman depan. Google Doodle ini dipakai lantaran jam bersejarah ini merayakan ulang tahun ke-605.

Advertisement

Jam Astronomi Praha berada di kawasan Old Town Square. Jam yang berukuran raksasa itu merupakan salah satu contoh jam terbaik dari jenisnya yang masih ada di Eropa.

Jam Astronomi Praha dari jarak dekat. (Istimewa)

Advertisement

Jam Astronomi Praha dari jarak dekat. (Istimewa)

Jam Astronomi Praha Terletak di dinding selatan PrahaTown Hall. Jam Astronomi  ini memiliki sejarah yang panjang. Jam yang dalam bahasa setempat di wilayah Ceko disebut Prazsky Orloj, merupakan jam astronomi dari abad pertengahan yang terletak di Praha, ibu kota Ceko.

Jam Astronomi Praha pertama kali dipasang pada tahun 1410, sehingga menjadikannya sebagai jam astronomi tertua ketiga di dunia dan salah satu jam tertua yang masih bekerja sampai saat ini.

Advertisement

Di bawah Jam Astronomi Praha terlihat cincin kalender dekoratif yang ditambahkan pada tahun 1870, yang menceritakan peristiwa setiap tahun. Di kanan kiri dan dari jam tampak empat patung, ditetapkan dalam gerak pada jam.

Jam Astronomi Praha

Keempat tokoh mewakili entitas konstruksi Orloj’s Jam Astronomi Praha yakni Kematian (diwakili oleh kerangka); Vanity (ditampilkan sebagai seorang pria menatap cermin); Keserakahan (diwakili oleh seorang pria dengan tas emas), dan Turki (seorang tokoh mengenakan Turban).

Advertisement

Selain itu ada presentasi Dua Belas Rasul di pintu kecil di atas Jam Astronomi Praha. Mereka muncul dan menghilang pada waktu yang berbeda, tetapi jika pada siang hari semua dua belas rasul itu akan kelihatan semua.

Salah Paham Sejarah

Asal mula Jam Astronomi Praha disalahpahami selama berabad-abad. Banyak orang percaya bahwa pembuatnya adalah seorang ahli jam bernama Hanus, yang juga disebut Jan of Ruze, yang hidup pada abad ke-15. Cerita mengatakan bahwa jam itu dikagumi oleh banyak orang asing, tapi Hanus menolak untuk menunjukkan rencana konstruksinya kepada siapa pun.

Advertisement

Ketika Anggota Dewan Praha menemukan bahwa ia akan membuat yang lain, bahkan jam yang lebih baik, mereka menjadi cemburu dan membutakan matanya, sehingga ia tidak bisa menyelesaikannya. Kemudian ia diduga merusak Jam Astronomi Praha sebagai balas dendam, dan tidak ada yang dapat memperbaikinya.

Namun, pembuat Jam Astronomi Praha sebenarnya diketahui pada tahun 1961 dalam sebuah dokumen tua, yang menggambarkan perhitungan astronomi. Di dalam dokumen tua tersebut diungkap bahwa jam itu dibuat oleh Mikulas of Kadan pada tahun 1410. Dia mungkin bekerja sama dengan astronom dan profesor Universitas Charles, Jan Sindel.

Jam Astronomi Praha. (Istimewa)

Pada abad ke-16 jam astronomi itu diperbaiki dan ditingkatkan kemampuannya oleh Jan Taborsky. Namun, jam tersebut menderita kerusakan parah seiring berjalannya waktu. Bahkan, sempat muncul anggapan apakah jam tersebut harus dihentikan pada tahun 1780-an. Tak lama kemudian, Jam Astronomi Praha berhenti bekerja untuk waktu yang lama.

Selanjutnya, perbaikan besar-besaran tak terelakkan dan itu terjadi pada tahun 1865. Jam Astronomi Praha dimodernisasi dan perhitungan kalender baru dibuat oleh Josef Manes. Kemudian pada tahun 1945 tentara Jerman merusak jam astronomi tersebut dan beberapa patung juga dibakar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif