Soloraya
Jumat, 9 Oktober 2015 - 15:40 WIB

BENCANA ALAM KARANGANYAR : Pelatihan dan Buat Biopori Awali Bulan PRB

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siswa SD membuat lubang resapan biopori, (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Bencana alam Karanganyar, peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana 2015 di Karanganyar diawali pembuatan biopori.

Solopos.com, KARANGANYAR–Kegiatan memperingati bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional Tahun 2015 di Karanganyar diawali dengan pembuatan biopori dan pelatihan, Jumat (9/10/2015).

Advertisement

Pembuatan biopori dilakukan di Desa Botok, Kerjo, sedangkan pelatihan penguatan kesiapsiagaan penanggulangan bencana dilaksanakan di Balai Desa Balong, Jenawi. Peserta yang hadir adalah pelajar, sukarelawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan warga. Tema acara di Desa Botok adalah Rencana Aksi Kesiapsiagaan Dalam Penanggulangan Bencana Berupa Pembuatan Biopori.

Sedangkan, di Desa Balong adalah Pelatihan Penguatan Kesiapsiagaan Dalam Penanggulangan Bencana.
Bupati Karanganyar, Juliyatmono, hadir dan mengingatkan warga untuk menanam. “Nandur, nandur, nandur, nandur. Kui thok pesen ku. Sedekah alam nganggo nandur. Semangat menghijaukan alam,” kata Juliyatmono saat memberikan sambutan di Balai Desa Balong, Jenawi, Jumat.

Bupati mengingatkan warga bahwa Kabupaten Karanganyar termasuk daerah rawan bencana. Bencana alam yang sering terjadi adalah longsor. Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar itu menuding ulah segelintir orang menjadi penyebab bencana alam.

Advertisement

Sementara itu, sejumlah pembicara dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), aktivis search and rescue (SAR), dan praktisi di bidang penanggulangan bencana hadir. Mereka berbagi ilmu dan informasi tentang penanggulangan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Seperti disampaikan aktivis SAR Merapi, Wahyu Widodo. Dia memberikan materi tentang pemanfaatan biopori untuk menanggulangi bencana alam.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif