Teknologi
Kamis, 8 Oktober 2015 - 12:15 WIB

SOSIAL MEDIA POPULER : Akses Facebook Kini Tergantung Koneksi

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Facebook (Facebook)

Sosial media populer Facebook kini bisa diakses tergantung koneksi Internet.

Solopos.com, JAKARTA — Salah satu sosial media populer Facebook ingin miliaran orang penggunanya terkoneksi. Raksasa jejaring sosial itu memikirkan cara agar layanannya bisa diakses menggunakan perangkat dan jaringan mobile apa saja.

Advertisement

Dikutip dari Detik, Kamis (8/10/2015), menurut Emerging Markets Product Manager Facebook, Chris Marra, banyak faktor dari News Feed yang menjadi pertimbangan sosial media populer itu untuk mendapatkan konten yang paling cocok untuk pengguna.

“Begitu banyak faktor dari News Feed yang menjadi pertimbangan kami dalam memastikan pengguna mendapatkan konten yang paling relevan untuk mereka, termasuk tipe perangkat yang Anda gunakan, kecepatan koneksi ponsel Anda dan koneksi Wifi,” kata Chris Marra.

Advertisement

“Begitu banyak faktor dari News Feed yang menjadi pertimbangan kami dalam memastikan pengguna mendapatkan konten yang paling relevan untuk mereka, termasuk tipe perangkat yang Anda gunakan, kecepatan koneksi ponsel Anda dan koneksi Wifi,” kata Chris Marra.

Menurut Marra, semua pertimbangan itu membantu dia dan timnya menentukan jenis postingan seperti apa yang akan ditampilkan di News Feed pengguna.

Contohnya, apabila pengguna berada di koneksi Internet yang lambat sehingga tidak memungkinkan menonton video, maka News Feed akan menampilkan sedikit postingan video dan akan lebih banyak update mengenai status dan tautan.

Advertisement

Dengan update terbaru, sosial media populer Facebook bisa mengumpulkan lebih banyak cerita dan foto yang mudah diakses saat pengguna membaca News Feed di koneksi yang lambat sehingga memastikan selalu ada postingan baru saat pengguna mengunakan News Feed.

“Dengan demikian, saat pengguna membaca postingan dari teman mengenai akhir pekan mereka di koneksi yang lambat, kami akan mengunggah lebih banyak postingan agar cerita lainnya tersedia seusai pengguna membaca postingan tersebut,” jelas Emerging Markets Engineering Manager Facebook, Alex Sourov.

Sosial media populer Facebook juga berupaya menyediakan format foto terbaik. Baru-baru ini, Facebook menggunakan format foto JPEG Progressive yang memungkinkannya menampilkan foto dengan kualitas ketajaman lebih rendah saat masih dalam proses download, sehingga pengguna sudah bisa melihat tampilan foto dibandingkan hanya layar kosong.

Advertisement

Hal itu dilakukan dengan memperkecil jumlah data yang dibutuhkan dan mengurangi waktu tunggu untuk menampilkan sebuah foto. Perubahan terbaru ini sekarang sudah tersedia di Facebook untuk IOS dan Android.

Sebagaimana diberitakan Digitaltimes, Kamis, jejaring sosial media populer Facebook telah meningkatkan kecepatan News Feed di platform Android. Itu sebenarnya cara Facebook untuk menarik minat pengguna di negara berkembang termasuk Indonesia.

Facebook telah mengembangkan fitur bernama Network Connection Class yang digunakan untuk menentukan cepat atau lambatnya koneksi Internet di ponsel. Contohnya seperti saat pengguna hanya terkoneski koneksi  2G, sosial media terpopuler di dunia itu akan mengirimkan cerita dan foto saat pengguna membaca postingan lain.

Advertisement

Facebook juga sudah mengembangkan cara untuk memprioritaskan berita penting dan menghindair adanya gangguan. Apabila pengguna sosial media populer sedang menunggu gambar untuk mengunduhnya secara utuh, gambar dimuat secara utuh sebelum berita lainnya muncul di News Feed.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif