Teknologi
Kamis, 8 Oktober 2015 - 04:00 WIB

SMARTPHONE TERBARU : Seperti PC, Duo Lumia Juga Dibekali Liquid Cooling

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Microsoft Lumia 950. (microsoft.com)

Smartphone terbaru Lumia 950 dan Lumia 950 XL telah dirilis. Dua smatphone itu mengunakan cairan pendingin liquid cooling.

Solopos.com, NEW YORK — Dua smartphone terbaru Microsoft, Lumia 950 dan Lumia 950 XL ternyata dibekali cairan pendingin liquid cooling. Padahal cairan pendingin itu biasanya ada di perangkat personal computer (PC).

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Theverge, Rabu (7/10/2015), liquid cooling biasa digunakan di perangkat yang mudah panas. CPU komputer yang sering panas biasanya diberi cairan pendingin itu agar suhunya menjadi normal kembali.

Smartphone terbaru Microsoft Lumia 950 dan 950 XL dibekali spesifikasi mumpuni. Selain operating system (OS) Windows 10, dua ponsel pintar itu juga dilengkapi dengan teknologi liquid cooling. Teknologi pendingin hardware itu dipasang di duo Lumia.

Ukuran dua smartphone terbaru Lumia 950 dan Lumia 950 XL yang kecil menjadikan teknologi liquid cooling juga akan lebih kecil lagi. Padahal biasanya teknologi cairan pendingin di komputer cukup besar dengan selang atau pipa pelepas panas.

Advertisement

Teknologi liquid cooling di beberapa CPU komputer biasanya menggunakan pipa pelepas panas yang dibuat dari bahan tembaga dan ditempekkan di prosesor. Pipa itu sering disebut dengan heatpipe yang dialiri cairan pendingin dan akan menguap atau kering apabila prosesor komputer menjadi panas.

Setelah cairan pendingin itu menjad uap maka kipas pendingin akan menjadikan cairan lagi secara terus menerus. Tapi ternyata smartphonne terbaru  Lumia 950 dan 950 XL tak memiliki kipas pendingin. Jadi perlu ada penelitian dan pembuktian lebih lanjut tentang adanya liquid coling tersebut.

Smartphone terbaru Lumia 950 XL menggunakan prosesor Snapdragon 810 yang cepat panas apabila terus digunakan. Jadi adanya teknologi cairan pendingin liquid cooling akan sangat membantu performa Lumia anyar tersebut.

Advertisement

Dikutip dari Endgadget, Rabu, dua smartphone terbaru Lumia 950 dan 950 dengan Windows 10 resmi diperkenalkan. Duo smartphone anyar itu dibekali dengan beberapa fitur dan spesifikasi hampir sama seperti memori internal sebesar 32 GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 2 TB.

Untuk kapasitas baterai, smartphone terbaru Lumia 950 memiliki baterai dengan daya  3.000 mAh, dan Lumia 950 XL diperkuat dengan baterai 3.300 mAh. Baterai itu bisa dilepas dengan tambahan port USB Type C, Qi wireless charging dan Qualcomm rapid charging yang mampu mengisi baterai secara cepat.

Smartphone terbaru Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL akan meluncur di pasar internasional November 2015. Lumia 950 akan dijual dengan harga US$ 549 atau Rp7,7 juta dan Lumia 950 XL akan dijual US$ 649 atau Rp9 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif