Soloraya
Kamis, 8 Oktober 2015 - 10:15 WIB

PENGHARGAAN ADIPURA : Wonogiri Berharap Sabet Adipura Tahun Ini

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Trofi Adipura (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Penghargaan Adipura ingin didapatkan Pemkab Wonogiri, namun saat ini belum ada pengumuman pemenang.

Solopos.com, WONOGIRI – Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berharap tahun ini mampu meraih penghargaan Adipura dari pemerintah pusat. Namun hingga memasuki Oktober, hasil penilaian kebersihan yang sudah dilakukan sejak Oktober 2014, belum diumumkan.

Advertisement

Menurut rencana awal pengumuman daftar kota yang mendapat penghargaan Adipura di seluruh Indonesia akan diumumkan pada Agustus lalu.

“Pengumannya ditunda. Berdasarkan informasi yang kami terima, waktunya masih menunggu jadwal presiden,” kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup Wonogiri, Sri Wahyu Widiyato, saat dihubungi Rabu (7/10/2015).

Dia berharap tahun ini Wonogiri mendapatkan nilai memuaskan. Dari penilaian tahap pertama, kebersihan wilayah Wonogiri untuk kategori kota kecil mendapatkan nilai 74,93. Nilai tersebut dinilai masih berada di bawah standar.

Advertisement

Selanjutnya pemkab pun terus melakukan upaya untuk mendongkrak nilai pada penilaian tahap kedua pertengahan tahun lalu. Pembenahan tersebut di antaranya terkait pengelolaan sampah dan penghijauan di beberapa instansi.

“Misalnya pengelolaan daur ulang sampah menjadi bahan kerajinan dan sebagainya. Kami juga sudah melakukan segala upaya lain untuk mendapatkan penghargaan Adipura. Kami berharap ada hasil positifnya,” kata dia.

Sebelumnya Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Siti Muchalimah Kuswarna Putri, mengatakan tim penilai Adipura telah datang ke Wonogiri untuk penilaian tahap pertama pada Oktober 2014 lalu.

Advertisement

Hasilnya, Wonogiri hanya menduduki peringkat ketujuh di Jawa Tengah untuk kategori kota kecil terbersih.

Sementara itu berdasarkan informasi yang dihimpun, sejak lima tahun terakhir, Wonogiri baru mendapatkan penghargaan Adipura dua kali. Masing-masing pada 2012 dan 2013.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif