Soloraya
Kamis, 8 Oktober 2015 - 19:15 WIB

PENATAAN TAMAN SOLO : 3 Taman Kota Dilengkapi Toilet Umum, Ini Lokasinya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan proyek renovasi toilet umum di Taman Purwonegaran, Jl. dr. Cipto Mangunkusumo, Solo, Rabu (7/10/2015). Renovasi toilet umum tersebut untuk melengkapi fasilitas di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Solo. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Penataan taman Solo, DKP Solo tengah memperbaiki sejumlah toilet umum di taman kota.

Solopos.com, SOLO–Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo melengkapi fasilitas toilet umum di tiga taman kota yang dikelola pemerintah. Fasilitas tambahan tersebut bakal dioperasikan awal Desember mendatang.

Advertisement

Kepala DKP Solo, Hasta Gunawan, menjelaskan terdapat lima toilet umum yang dioperasikan di tiga taman kota di antaranya Taman Purwonegaran, dua titik di kompleks Plasa Manahan, serta dua titik di Benteng Vastenburg.

“Toilet statis ini dibuat dari pengembangan toilet portabel yang sudah ada. Sebelumnya toilet tersebut volume air dan limbahnya kecil. Kami kembangkan dengan ditambah lantai, pengolahan limbah, tandon air, dan instalasi listrik,” terangnya kepada wartawan, Kamis (8/10/2015) siang.

Hasta menerangkan pembangunan toilet di taman kota tersebut untuk melengkapi fasilitas di ruang publik.

Advertisement

“Selama ini taman kota yang tidak dilengkapi toilet umum biasanya berbau pesing karena banyak masyarakat yang kencing sembarangan. Harapannya keberadaan toilet nanti bisa menambah kenyamanan masyarakat di ruang publik,” jelasnya.

Menurut Hasta, pemilihan beberapa taman yang dilengkapi toilet umum didasari pertimbangan lokasi yang strategis.

“Depan Manahan dan dekat Polresta Solo selama ini belum ada toilet di taman. Selain itu di Purwonegaran juga banyak event seperti kirab dan acara lain. Benteng Vastenburg juga demikian,” bebernya.

Advertisement

Disinggung soal konsep, Hasta mengungkapkan saat ini bangunan toilet akan dibuat menyatu dengan taman di sekelilingnya.
“Sebelumnya toilet portabel berwarna biru. Kami cat dengan warna hijau agar lebih menyatu dengan alam. Harapannya awal Desember nanti sudah bisa berfungsi sehingga saat perayaan Tahun Baru sudah bisa dimanfaatkan warga Solo,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif