Soloraya
Kamis, 8 Oktober 2015 - 10:55 WIB

LOKANANTA FEST 2015 : Lokananta Siapkan Pameran Arsip dan Aneka Pertunjukan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panitia sekaligus Staf event dan pengarsipan Lokananta, Danang Rusdianto, menunjukkan beberapa koleksi yang akan dipamerkan dalam Pameran arsip Lokananta pada Jumat (9/10/2015). (Kharisma Dhita Retnosari/JIBI/Solopos)

Lokananta Fest 2015 digelar besok, Jumat (9/10/2015) hingga 1 November 2015.

Solopos.com, SOLO – Lokananta Festival 2015 yang bakal digelar Jumat (9/10/2015) hingga Minggu (1/11/2015) direncanakan menjadi melting pot-nya industri kreatif di Kota Solo.

Advertisement

Kepala Cabang Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) Cabang Solo, Miftah C. Zubir berujar selain menjadikan Lokananta Festival sebagai melting pot industri kreatif Kota Solo.

Dia mengatakan peningkatan kesadaran masyarakat akan keberadaan Lokananta sebagai studio musik tertua yang masih aktif di Kota Solo adalah salah satu misinya.

“Saya pernah terjun langsung ke bawah dan bertanya langsung ke sejumlah pemuda. Saya miris mengetahui mereka bahkan tidak tahu apa itu Lokananta. Padahal, Lokananta adalah bagian sejarah panjang Indonesia,” terang dia saat dihubungi, Rabu (7/10/2015).

Advertisement

Lokananta Festival yang digelar untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Lokananta ini bekerja sama dengan sejumlah komunitas dan pelaku seni di Kota Solo.

Berbagai acara mulai dari pameran arsip Lokananta hingga aneka pertunjukan dan lomba seni bakal digelar di tanggal dan tempat yang berbeda hingga awal November.

Panitia sekaligus staf event dan pengarsipan Lokananta, Danang Rusdianto, menjelaskan pameran arsip Lokananta di gedung utama Lokananta seusai salat Jumat bakal menjadi pembuka Lokananta Festival 2015.

Advertisement

Selain pameran arsip, dia memaparkan, pada Kamis (15/10/2015) akan ada aksi demo damai seniman antipembajakan yang rencananya dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan artis ibu kota.

Ada pula aneka lomba vokal, drum, dan band yang memberikan kesempatan peserta untuk merasakan rekaman di studio Lokananta, serta Blues Brothers Solo Music performance pada Sabtu (31/10/2015) serta aneka bazaar seni dan ASYLUM Fest yang mengadirkan bintang tamu grup musik ternama Payung Teduh pada puncak acara, Minggu (1/11/2015).

“Jadi di Lokananta Festival ini, semua pelaku seni berkumpul jadi satu. Kami sengaja menggandeng berbagai komunitas dan industri kreatif untuk saling bersinergi di Lokananta Festival ini, nah ini, menariknya di sini. Selain itu di sini kami kan juga ada pesan edukatifnya, kami mengajak masyarakat napak tilas kembali sejarah industri seni melalui Lokananta,” imbuh dia, Rabu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif