News
Kamis, 8 Oktober 2015 - 18:00 WIB

KABUT ASAP : Protes Asap: dari Salat Jenazah hingga "Pak Presiden Kasih Kami Duit ke Dokter"

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kabut asap pekat menyelimuti Kota Palembang, Sumsel. Rabu (30/9/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Nova Wahyudi)

Kabuat asap belum terkendali dan memicu berbagai aksi protes, mulai dari salat jenazah hingga di dunia maya.

Solopos.com, PEKANBARU — Berbagai bentuk aksi protes yang dilakukan warga Riau terhadap pemerintah, termasuk yang paling unik yaitu melakukan salat jenazah.

Advertisement

Seratusan aktivis dari Gerakan Mahasiswa Rantau Riau (Gempar) kembali mendatangi Kantor Gubernur Riau, Kamis (8/10/2015). Mereka melakukan salat jenazah, menganggap kinerja pemerintah sudah mati. “Pemerintah sudah tidak becus dalam menangani kabut asap,” kata Rio, koordinator lapangan.

Mereka juga menggelar demo di depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejakti) Riau. Massa mendesak Kejaksaan mengusut kasus korupsi yang diduga dilakukan oleh Plt. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Sebelumnya, sekolompok mahasiswa juga melakukan aksi protes dengan menggelar aksi demo menggunakan kostum hantu. Ada yang seperti pocong, kuntilanak dan lainnya. Ada juga massa yang menggunakan kostum superhero, seperti Ironman, Spiderman, dan lainnya.

Advertisement

Tidak hanya itu, aksi protes unik lainnya juga dilakukan oleh pengguna media sosial (medsos) seperti Blackbery Messenger, Facebook, Twitter dan Instagram. Pengguna akun beramai-ramai memposting seorang bocah yang memegang kertas. Dalam kertas itu tertulis “Pak Presiden, kalau tidak sanggup hilangkan asap, kasih kami duit untuk ke dokter #saveasapriau”.

Namun, Plt. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mngatakan bahwa pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin mengusir kabut asap dengan meminimalisir kebakaran hutan dan lahan dan memadamkan api. “Kabut ini berasal dari provinsi tetangga, yaitu Jambi dan Sumatra Selatan. Karena titik api paling banyak ditemukan di provinsi itu,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif