Soloraya
Kamis, 8 Oktober 2015 - 23:40 WIB

CAGAR BUDAYA SOLO : Inilah Anggota Tim Ahli Cagar Budaya Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu benda cagar budaya di Solo, Gedung Kavallerie-Artillerie. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos/ilustrasi)

Cagar budaya Solo, Tim ahli cagar budaya Solo dilantik Pj. Wali Kota di Balai Kota.

Solopos.com, SOLO–Tim ahli cagar budaya (TACB) Solo resmi dilantik. Pelantikan tujuh anggota tim itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Nomor 432.05/39.1/1/2015 tentang Tim Ahli Cagar Budaya. Tim akan bekerja selama 5 tahun, dan dapat diangkat kembali setelah masa kerja berakhir sesuai dengan ketetapan dan syarat yang berlaku.

Advertisement

“Dalam melakukan kajian perihal cagar budaya, tim ahli ini dapat dibantu oleh satuan kerja perangkat daerah yang bertanggung jawab di bidang cagar budaya,” ujar Kepala Dinas Tata Ruang Kota, Agus Djoko Witiarso, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (8/10/2015).

Lebih jauh Agus mengatakan wewenang utama TACB adalah merekomendasikan objek pendaftaran untuk ditetapkan sebagai cagar budaya berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang cagar budaya, serta merekomendasikan pencatatan kembali cagar budaya yang hilang dan dihapus dari register nasional kemudian ditemukan kembali.

TACB juga memiliki kewenangan merekomendasikan penghapusan cagar budaya, memberikan pertimbangan atau pandangan kepada TACB provinsi, serta merekomendasikan tindakan pencegahan dan penanggulangan segera terhadap kemungkinan terjadi kerusakan kepada Wali Kota. “Di Indonesia baru ada tiga TACB yang terbentuk, yakni TACB nasional, TACB Provinsi Jawa Timur, dan TACB Kota Solo,” katanya.

Advertisement

Berikut nama-nama anggota TACB Kota Solo :

Koordinator : Dr. Titis Srimuda Pitana, ST, M.Trop.Arch
Anggota :
Drs. Susanto, M.Hum
Dr. Eng Kusumaningdyah NH, ST, MT
Putu Ayu P Agustiananda, ST, MA
Drs. KGPH Dipokusumo
Asmara Dewi, SS
Wahyu Broto Raharjo, SS

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif