Teknologi
Kamis, 8 Oktober 2015 - 18:10 WIB

APLIKASI SMARTPHONE : WhatsApp Bikin Fitur Backup File di Google Drive

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/WhatsApp)

Aplikasi smartphone WhatsApp menguji coba fitur terbarunya.

Solopos.com, SOLO – Aplikasi chatting, WhatsApp memperkenalkan fitur baru. Aplikasi yang dikenal dengan sebuta WA itu kini memungkinkan pengguna untuk mem-backup semua konten ke Google Drive.

Advertisement

Aplikasi ini sedang dalam tahap pengembangan. Dilansir GSMArena, Kamis (8/10/2015), WA mengaku saat ini fitur itu sedang diuji dalam beberapa bulan terakhir.

Fitur tersebut dapat berfungsi untuk sebagian orang pada versi tertentu saat April lalu, namun tidak semua pengguna WhatsApp yang mendapatkannya.

Hari ini fitur backup WhatsApp ke Google Drive diresmikan. Uniknya hal tersebut diumumkan oleh Google, bukan WhatsApp dan juga Facebook yang merupakan pemilik aplikasi tersebut.

Advertisement

Seperti yang dapat anda bayangkan, fitur ini memungkinkan anda untuk mem-backup semua konten WhatsApp ke layanan cloud milik Google. Nantinya saat anda mengganti ponsel, anda dapat menarik semua percakapan dari Google Drive dan menggunakan WhatsApp seperti yang dapat anda lakukan pada ponsel lama anda.

Anda dapat memilih untuk mem-backup konten video atau tidak, namun histori percakapan, pesan suara, dan foto akan selalu termasuk dalam backup. Frekuensi backup-nya pun dapat anda pilih mulai dari harian, mingguan, atau bulanan. Selain itu juga terdapat opsi pengaturan never jika anda tidak ingin mem-backup apapun.

Sayangnya fitur ini diperkirakan baru akan digulirkan beberapa bulan kedepan untuk alasan tertentu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif