Teknologi
Kamis, 8 Oktober 2015 - 15:10 WIB

AKSES INTERNET CEPAT : Smartfren Bikin Modem Berkecepatan 400 Mbps

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Smartfren 4G (Okezone)

Akses Internet cepat menjadi fokus Smartfren dalam beberapa waktu ke depan.

Solopos.com, SOLO – Smartfren terus mendorong pengembangan jaringan Internet 4G LTE. Kabarnya operator seluler CDMA itu mempersiapkan Internet dengan kecepatan hingga 400 Mbps.

Advertisement

Dilansir Detik, Kamis (8/10/2015), Smartfren mempersiapkan MiFi Cat6 yang sudah support teknologi carrier aggregation yang bakal jadi produk andalan Smartfren berikutnya.

Arya Mada Prasaja, Data & IoT Devices Section Head Smartfren menyebutkan, MiFi jenis ini sudah ditawarkan oleh LG Innotek untuk diboyong ke Indonesia. LG Innotek sendiri jadi partner Smartfren saat menjual modem M2S yang kemarin baru dirilis di harga Rp499.000.

“Secara hardware, LG Innotek sudah menyiapkan MiFi Cat6 dengan chipset Qualcomm. MiFi Cat6 ini disebutkan bisa di-upgrade ke Cat9 tanpa ada perubahan hardware. Cuma balik lagi, kita harus memperhitungkan bagaimana dari sisi bisnis, karena kan gak bisa langsung Cat6 ready to Cat9, tapi dari sisi teknis hardware sudah bisa,” jelasnya saat berbincang dengan sejumlah media termasuk detikINET di Pusat Riset dan Pengembangan LG Innotek di kota Ahsan, Korea Selatan.

Advertisement

Mada melanjutkan, perbedaan yang paling siginifikan antara MiFi Cat6 dengan Cat4 (dimana hari ini sudah beredar di Indonesia) adalah soal kecepatan. Perangkat dengan teknologi Cat6 bisa menghasilkan kecepatan dua kali lebih cepat. Di atas kertas, bisa mencapai MiFi Cat6 berada di kisaran up to 250-300 Mbps.

Menariknya, turut pula hadir fitur Qualcomm Quick charge di MiFi ini. Jadi yang punya MiFi Cat6 tersebut bisa mengisi ulang baterai ponselnya dengan lebih kilat. Dengan catatan charger yang digunakan sudah sertifikasi Qualcomm, baik dari pihak ketiga atau keluaran Qualcomm langsung.

Soal baterai juga kemungkinan bakal diperbesar dari MiFi yang sudah ada di seri M2S yang hanya 2.000 mAh menjadi di atas 2.500 mAh atau lebih dari itu. harga tentu bakal ada peningkatan, belum diketahui berapa besarnya. Tapi Smartfren berharap MiFi Cat6 dipatok pada besaran harga Rp699.000 atau Rp799.000.

Advertisement

Roberto Saputra, Direktur/Chief Brand Officer Smartfren melanjutkan, status kolaborasi LG Innotek dengan Smartfren untuk menghadirkan MiFi Cat6 masih belum deal. Masing-masing pihak masih melakukan penjajakan setelah tahap pertama kolaborasi mereka pada MIFi Andromax M2S yang baru saja diluncurkan.

Jeremy Park, Chief Research Engineer/NS Development Team 2 LG Innotek menegaskan bahwa mereka siap menyediakan perangkat MiFi Cat6 untuk Smartfren yang jika mau sudah bisa meluncur pada Maret 2016.

“Setelah itu, kita juga sudah menyiapkan roadmap MiFi Cat9, yang akan berlari pada kecepatan internet 400 Mbps. Nanti kalau MiFi Cat9 pada akhir tahun 2016,” pungkasnya.

Advertisement
Kata Kunci : 4G LTE Internet Smartfren
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif