Otomotif
Rabu, 7 Oktober 2015 - 08:10 WIB

SEPEDA MOTOR KTM : KTM Bakal Hentikan Produksi Motor Sport?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - KTM Superduke 1290. (Gizmag.com)

Sepeda motor KTM segmen sport disebut-sebut akan berhenti diproduksi.

Solopos.com, WINA – Kabar mengejutkan datang dari KTM. Pabrikan otomotif asal Austria itu mengumumkan akan berhenti memproduksi sepeda motor sport untuk umum. Mereka mengaku ingin fokus di dunia balap seperti Motogp.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Carvsbike, Selasa (6/10/2015), pernyataan itu diungkapkan oleh CEO KTM, Stefan Pierer. Dalam sebuah wawancara terkait terjunnya KTM di Motogp 2016, Pierer mengatakan sepeda motor KMT segmen sport terlalu berbahaya untuk digunakan di jalanan umum.

Sebagai produsen motor, Pierer mengaku KTM memiliki tanggung jawab besar untuk seluruh konsumen KTM dalam hal keselamatan. Ia menjelaskan KTM tidak ingin produknya justru membawa petaka bagi para pemiliknya.

Selain itu tidak lama lagi pemerintah Eropa juga akan menerapkan kebijakan tentang larangan untuk masyarakat umum memiliki motor sport.

Advertisement

“Menurut kami, motor sport dengan tenaga sebesar itu tidak seharusnya bereda di jalanan umum. Sebagai gantinya, motor sport buatan kami akan kami terjunkan di sirkuit, termasuk salah satunya di Motogp,” ungkap Pierer.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Pierer tidak dengan spesifik memberi batasan tentang motor sport yang berhenti diproduksi seperti yang ia maksud. Akan tetapi ia memberi contoh dengan kuda besi bertenaga 200 hp ke atas.

“Jujur saja, kalau Anda punya motor bertenaga 200 hp atau lebih, apakah Anda tidak tertarik menjajal kecepatan maksimalnya saat berkendara di jalanan umum? Itu sangat membahayakan bukan?” imbuh Pierer.

Advertisement

Lantas, bagaimana dengan sepeda motor motor KTM segmen sport kelas bawah (entry level) seperti yang belum lama ini diluncurkan di bursa sepeda motor Indonesia? Sayangnya mengenai hal tersebut belum ada penjelasan lebih lanjut dari KTM.

Kendati demikian, saat ini KTM masih belum memiliki sepeda motor dengan semburan tenaga hingga 200 hp. Motor terkencang dari pabrikan yang erat dengan warna oranye itu adalah KTM 1290 Super Duke R bertenaga 177 hp dan di bawahnya ada KTM 1290 Super Adventur bertenaga 160 hp.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif