News
Rabu, 7 Oktober 2015 - 00:40 WIB

KONFERENSI NASIONAL : ISKI Akan Deklarasikan Hari Komunikasi Nasional

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Konferensi nasional, Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) di Solo akan mendeklarasikan Hari Komunikasi Nasional.

Solopos.com, SOLO--Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) menyoroti masalah komunikasi sebagai persoalan yang kini tengah dihadapi bangsa Indonesia. Melalui Konferensi Nasional Komunikasi (KNK) yang digelar di Solo, Minggu-Selasa (11-13/10/2015), ISKI akan mengangkat topik tentang kedaulatan komunikasi.

Advertisement

Ketua Pengurus Daerah (PD) ISKI Jawa Tengah, Widodo Muktiyo, mengatakan masalah komunikasi ditemukan di berbagai bidang. Dia mencontohkan di bidang politik, yaitu dengan adanya kalangan elite bertengkar di ruang publik, saling menyerang, dengan berusaha mencari kesalahan lawan.  Komunikasi politik yang dibangun elite bukan menjadi pendidikan politik namun sebaliknya, membuat warga semakin muak dengan politik.

“Bahkan ada elite yang sering berkata-kata tak sopan, kasar di hadapan publik,” ungkap Widodo saat ditemui wartawan di Gedung Rektorat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa (6/10/2015).

Contoh lain yang dia ungkapkan, yakni di bidang media massa terutama televisi, pengelola memilih tayangan dengan mendewakan rating tinggi namun minim edukasi bagi publik. Dalam hal ini, lanjutnya, mereka cenderung mementingkan pencarian keuntungan walau kontennya tidak mendidik.

Advertisement

Penyelenggaraan KNK akan diawali dengan penyelenggaraan Jalan Bareng Komunikasi, Minggu (11/10/2015). Kegiatan yang diikuti sekitar 600 orang ini akan mengambil rute dari kawasan car free day di Jl. Slamet Riyadi, tepatnya depan Loji Gandrung, dan berakhir di Monumen Pers. Peserta terdiri atas civitas akademika, mulai dari mahasiswa, dosen, hingga praktisi di bidang komunikasi dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

“Melalui kegiatan ini nanti dideklasarikan Hari Komunikasi Nasional dan talkshow yang menghadirkan sejumlah narasumber dari Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq, dan Amir Effendi Siregar dari ISKI,” jelas dia.

Minggu itu pula diadakan Workshop Jurnal di Hotel The Sunan Solo yang akan diikuti peneliti dan dosen untuk memberikan pengetahuan dalam menulis artikel ilmiah di jurnal internasional. Sedangkan acara inti KNK yang juga digelar di Hotel The Sunan Solo, akan mempresentasikan 179 paper para peserta KNK. Selain itu, akan diadakan pula Anugerah Komunikasi, yakni pemberian penghargaan oleh Kemenkominfo dan ISKI kepada sejumlah tokoh yang dinilai telah memberi contoh yang baik dalam berkomunikasi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif