Lifestyle
Rabu, 7 Oktober 2015 - 18:15 WIB

INFO KESEHATAN: Ini Manfaat Vitamin D yang Anda Perlu Tahu

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Vitamin D (www.gardenoflife.com)

Info kesehatan kali ini mengulas tentang manfaat vitamin D

Solopos.com, SOLO — Vitamin D terkandung dalam aneka makanan seperti ikan salmon, telur, jamur, susu olahan, dan sebagainya. Jenis vitamin ini berfungsi paling populer untuk pembentukan tulang dan tumbuh kembang anak.

Advertisement

Seperti dikutip dari wikivitamin, Rabu (7/10/2015), tubuh manusia mengandung provitamin D yang harus diaktifkan dengan menyinari tubuh dengan sinar matahari. Dengan memaparkan tubuh setidaknya 10 sampai 15 menit terkena sinar matahari sudah mampu merubah provitamin D menjadi vitamin D.

Sinar matahari yang mengenai sel kulit akan mengubah provitamin D ini menjadi vitamin D. Jadi jangan takut untuk terkena sinar matahari karena mampu menjadikan tulang tumbuh dengan benar.

Pada tahun 1920, kandungan vitamin D diketahui dapat menyembuhkan rakhitis (penyakit tulang). Selain itu, vitamin D ternyata memiliki banyak manfaat yang jarang orang ketahui seperti yang dilansir www.boldsky.com, Senin (5/10/2015).

Advertisement

Berikut manfaat vitamin D yang perlu Anda tahu:

1. Melawan Infeksi
Vitamin menjadi bahan kimia yang signifikan dibutuhkan darah untuk menjaga kesehatan. Vitamin D dapat memastikan tubuh bekerja baik sehingga melawan infeksi seperti pilek dan flu.

2. Menangkal Bakteri dan Virus
Penelitian di Jepang menunjukkan anak-anak sekolah mengambil 1.200 unit vitamin D per hari selama musim dingin dan musim gugur. Langkah itu dapat mengurangi risiko penularan influenza A sekitar 40%.

Advertisement

3. Memelihara Tulang
Kalsium dan fosfor penting untuk mengembangkan kekuatan dan struktur tulang. Vitamin D mampu mengakomodasi mineral untuk pemeliharaan tulang.

4. Menguatkan Gigi
Vitamin D dapat merawat tulang dan gigi sehingga tak mudah keropos. Hal ini berhubungan dengan kalsium.

5. Mencegah Penyakit Autoimun
Vitamin D dipercaya mampu membantu meredakan dan mengurangi hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Bahkan vitamin D dapat menggagalkan serangan penyakit autoimun seperti inflamasi usus. Hal ini karena gen yang terlibat dalam penyakit autoimun diatur vitamin D. (Fitria Julestri/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif