Lifestyle
Selasa, 6 Oktober 2015 - 17:15 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini 5 Manfaat Minum Air di Pagi Hari

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/ist)

Tips kesehatan kali ini mengulas tentang khasiat air putih di pagi hari.

Solopos.com, SOLO — Air putih diketahui membawa manfaat bagi tubuh. Ahli gizi dan penulis The One One One Diet, Rania Batayneh, menjelaskan berbagai manfaat minum segelas air setiap kali memulai pagi.

Advertisement

Seperti dilansir www.businessinsider.co.id pada Jumat (25/9/2015), ini manfaat minum air di pagi hari:

1. Membantu  rehidrasi tubuh
Enam hingga delapan jam tidur malam merupakan waktu yang lama bagi tubuh tanpa konsumsi air. Minum dua gelas air saat bangun tidur dapat membantu merehidrasi tubuh Anda. Meskipun banyak orang yang memulai pagi dengan kopi, air putih dapat dijadikan zat penyeimbang dehidrasi bagi tubuh.

2. Meningkatkan tingkat kewaspadaan
“Salah satu indikator terbesar lesu atau rendah energi adalah tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi,” kata Batayneh.

Advertisement

Setelah lama tanpa makan atau minum, hal pertama yang wajib dikonsumsi setiap pagi dapat menjadi kejutan bagi tubuh. Jika itu hal pertama adalah air es, maka akan tubuh akan merasa waspada dan mendapati energi yang rendah.

3. Membantu bahan bakar otak Anda
Otak manusia terdiri dari 73% air. Batayneh mengatakan minum air penting untuk menjaga aktivitas otak yang optimal. Ia menilai memulai aktivitas dengan segelas air merupakan langkah yang benar.

Jika Anda merasa lesu, itu akan mencerminkan aktivitas (latihan pagi) Anda, produktivitas di tempat kerja, dan bahkan rutinitas Anda dengan anak-anak.

Advertisement

4. Membantu Anda melawan penyakit
Menurut Batayneh, ketika Anda sedang tidur, tubuh Anda dalam perbaikan dan pemulihan modus. Selama ini, sistem kekebalan tubuh Anda bekerja keras membersihkan tubuh dari racun. Dengan meminum air yang cukup, Anda dapat mempercepat proses di mana tubuh Anda melawan racun.

Selain otak, banyak bagian utama tubuh lainnya, seperti jantung, ginjal, dan paru-paru, yang mayoritas membutuhkan air. Sederhananya, tetap terhidrasi adalah bahan utama dalam tetap sehat.

5. Melancarkan metabolisme Anda.
Karbohidrat dan protein penting yang Anda konsumsi setiap hari dimetabolisme dan diangkut oleh air ke seluruh tubuh. Memiliki jumlah air yang cukup dalam tubuh akan membantu menjalankan metabolisme. (Fitria Julestri/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif