Sport
Selasa, 6 Oktober 2015 - 00:25 WIB

PELATIH BARU LIVERPOOL : Klopp Beri Syarat untuk The Kop

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mantan pelatih Borussia Dortmund Jurgen Klopp digadang-gadang bakal menggantikan Brendan Rodgers sebagai pelatih Liverpool. Ist/Reuters

Pelatih baru Liverpool setelah Brendan Rodgers dipejat masih menjadi teka-teki. Salah satu kandidatnya adalah Jurgen Klopp.

Solopos.com, LIVERPOOL—Karier Brendan Rodgers di kursi pelatih Liverpool akhirnya tamat. Tim berjuluk The Kop tersebut langsung bergerak cepat mendekati Jurgen Klopp untuk dijadikan suksesor pelatih asal Irlandia Utara yang mereka pecat tersebut.

Advertisement

Mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut memang jauh-jauh hari telah dispekulasikan bakal menggantikan posisi Rodgers di balik kemudi skuat The Kop. Setelah memutuskan mundur dari Dortmund pada akhir musim lalu, Klopp belum menerima pekerjaan baru untuk melatih sebuah klub.

Mantan arsitek Real Madrid, Carlo Ancelotti, juga dikabarkan menjadi salah satu kandidat pengganti Rodgers. Namun sejumlah bursa taruhan menempatkan Klopp lebih unggul ketimbang Ancelotti, salah satunya Paddy Power.

Namun pelatih yang membawa Dortmund dua kali menjadi Bundesliga dan runner-up Liga Champions 2012/2013 tersebut memasang syarat tertentu jika Liverpool ingin menjadikannya sebagai suksesor Rodgers. Seperti dilansir dailymail.co.uk, Senin, Klopp mengatakan kepada Liverpool bahwa dirinya bersedia mengarsiteki tim Merseyside tersebut asalkan diberi kewenangan penuh dalam kebijakan transfer pemain.

Advertisement

Liverpool harus memastikan pengganti Rodgers sebelum laga tandang ke markas Tottenham Hotspur pada 17 Oktober nanti, alias selama dua pekan jeda internasional.

Menurut sumber skysports.com, tim yang bermarkas di Stadion Anfield itu juga menghubungi Ancelotti untuk ditawari jabatan manajer baru The Reds, julukan lain Liverpool. Apabila Klopp mengajukan persyaratan khusus, Ancelotti disebut-sebut tidak akan menerima pinangan itu.

Menurut sumber espnfc.com, manajer asal Italia yang pernah membawa Madrid menggapai la decima (gelar Liga Champions ke-10) tersebut memang telah didekati pemilik Liverpool, Fenway Sports Group (FSG).

Advertisement

Tapi Ancelotti disebut-sebut akan menolak tawaran itu karena ia hanya ingin membesut tim yang berkompetisi di Liga Champions sebagai pelabuhan barunya sejak meninggalkan Madrid akhir musim lalu. Padahal, musim ini Liverpool hanya bertarung di Liga Europa setelah finis peringkat keenam pada Liga Premier 2014/2015.

Liverpool mengumumkan pemecatan Rodgers hanya selang tiga jam setelah mereka ditahan 1-1 pada Derby Merseyside di kandang Everton, Minggu (4/10/2015). FSG sepertinya telah kehilangan kesabaran setelah Rodgers hanya mampu membawa The Reds meraih 12 poin dalam delapan laga pembuka dan tercecer ke peringkat ke-10 klasemen sementara Liga Premier.

Dalam kurun waktu sekitar tiga setengah tahun bersama Rodgers, Liverpool juga belum pernah meraih satu pun gelar juara. Pencapaian terbaik yang dipersembahkan Rodgers yakni membawa Liverpool sebagai runner-up Liga Premier dua tahun silam, ketika mereka masih diperkuat Luis Suarez. Padahal dalam kurun waktu itu, Liverpool loyal menyuntikkan dana besar untuk belanja pemain.

“Meski ini keputusan sulit, kami yakin ini akan memberi peluang terbaik bagi kami untuk meraih kesuksesan di lapangan,” urai pemilik Liverpool dalam pernyataan resmi mereka, seperti dilansir reuters.com. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif