Teknologi
Selasa, 6 Oktober 2015 - 19:45 WIB

OS TERBARU ANDROID : Update Marshmallow Sambangi Perangkat Nexus

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Android Marsmallow (www.technobuffalo.com)

OS terbaru Android Marshmallow akhirnya hadir di perangkat Nexus.

Solopos.com, NEW YORK – Sistem operasi (OS) terbaru Android 6.0 Marshmallow memperluas jangkauannya. OS yang dikenal dengan sebuta Android M ini mengekspansi ponsel Nexus dengan pembaruan memakai metode over-the-air (OTA) secara bertahap.
Selain, update via OTA, Google juga menyediakan file pembaruan tersebut untuk diunduh dan diinstal oleh para pengguna Nexus. Tautan pengunduhan tersebut berada di laman ‘Nexus Files for Developer’ milik Google.

Advertisement

Dilansir Detik, Selasa (6/10/2015), di laman tersebut, tersedia beberapa file pembaruan Marshmallow untuk beberapa perangkat yang berbeda, yaitu Nexus 5, 6, 7 (2013), 9 dan Nexus Player. Namun siap-siap saja, karena file pembaruan ini punya ukuran yang cukup besar.

Contohnya, factory images Marshmallow untuk Nexus 6, yang filenya berukuran tak kurang dari 1 GB. Dan proses instalasi update ini juga terbilang cukup rumit, jika dibandingkan dengan proses update via OTA.
Dilansir Ubergizmo, Selasa, mengenai hal ini, Google pun memberikan tutorial instalasi manual tersebut di laman yang sama.

Ada beberapa fitur utama yang jadi keunggulan di Android 6.0 Marshmallow ini. Antara lain adalah Doze, yang diklaim bisa mengurangi konsumsi daya baterai saat perangkat sedang tak digunakan.

Advertisement

Lalu ada Now on Tap, yang bisa memindai dan menganalisis hal apapun yang ada di layar perangkat. Kemudian ia bisa mencari berbagai informasi yang berhubungan dengan hal tersebut.

Marshmallow pun sudah mendukung penggunaan otentifikasi melalui sidik jari, hal yang tak ada di OS Android versi sebelumnya. Dan tentulah perangkat yang sudah mendukung penuh fitur ini adalah dua Nexus anyar yang diluncurkan Google pekan lalu, yaitu Nexus 5X dan 6P.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif