News
Selasa, 6 Oktober 2015 - 16:33 WIB

KURS RUPIAH : Rupiah Melesat 262 Poin, Penguatan Terbesar Sejak Mei 2012

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan kurs rupiah (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah menguat tajam hari ini dan menjadi rekor sejak Mei 2012.

Solopos.com, JAKARTA — Kurs rupiah perkasa sepanjang perdagangan hari ini, khususnya di sesi pertama. Dalam penutupan perdagangan, Selasa (6/10/2015) sore, rupiah ditutup di level Rp14.241/dolar AS ataumenguat 262 poin (1.81%).

Advertisement

Sebelumnya, Bloomberg Dollar Index mengemukakan saat dibuka hari ini, rupiah menguat 21 poin atau 0,14% ke Rp14.482/dolar AS. Penguatan sebesar ini merupakan apresiasi terbesar sejak Mei 2012.

Ekonom dari PT Bank Permata Tbk (BNLI), Josua Pardede, mengatakan penguatan rupiah lebih tajam karena kombinasi ekspektasi investor atas dampak kebijakan Bank Indonesia dan pemulihan daya beli masyarakat. “Kalau dilihat, dari BI lebih efektif dibandingkan pemerintah. BI bilang baru Oktober, arahnya menarik devisa. Selama ini yang suplai dolar kan cuma BI,” katanya.

Pasar juga mengantisipasi tingkat konsumsi domestik membaik signifikan dalam waktu dekat karena kenaikan belanja pemerintah, inflasi tahunan yang diperkirakan merosot tajam pada November, dan kebijakan jilid III pemerintah terutama rencana penurunan harga BBM.

Advertisement

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam risetnya yang diterima hari ini, Selasa (6/10/2015), menyebut indeks dolar berhasil menguat hingga dini hari tadi, walaupun data sektor jasa AS diumumkan memburuk dari periode sebelumnya.

Di sisi lain, ujarnya, euro melemah setelah angka pertumbuhan penjualan ritel melambat di Agustus. “Kesepakatan yang dicapai pada trans-pacific partnership berpeluang mendorong percepatan pemulihan ekonomi AS, sehingga muncul sedikit perbaikan prospek yang mendorong penguatan dolar,” kata Rangga dalam risetnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif