Otomotif
Selasa, 6 Oktober 2015 - 09:35 WIB

INOVASI OTOMOTIF : Samsung Ciptakan Lampu Motor, Begini Bentuknya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lotus C-01 dengan fitur Samsung Lane Light. (Autoevolution.com)

Inovasi otomotif kali ini dibuat oleh raksasa teknologi Samsung.

Solopos.com, LONDON – Selain memproduksi ponsel pintar, Samsung kini juga terjun di dunia otomotif roda dua. Dalam inovasi otomotif yang dibuatnya, pabrikan elektronik asal Korea Selatan itu dibantu oleh produsen otomotif Inggris, Lotus.

Advertisement

Lotus terlibat dalam proyek inovasi otomotif Samsung’s Smart Bike Project dan mengembangkan sepeda motor Lotus C-01. Di tangan Samsung, motor bermesin 1.195 cc itu disulap menjadi “motor pintar” dengan disematkannya fitur Lane Light.

Dikutip Solopos.com dari laman Autoevolution, Minggu (4/10/2015), Lane Light merupakan istilah Samsung untuk menyebut cahaya solid berbentuk garis lurus yang muncul di samping kanan dan kiri Lotus C-01.

Tidak sekadar di samping, garis itu juga memanjang hingga satu meter di depan roda depan dan beberapa sentimeter di belakang roda belakang.

Advertisement

Sekilas cahaya itu tampak seperti sorot laser dari lampu mobil Audi R8. Akan tetapi teknologi lampu motor bikinan Samsung itu rupanya jauh lebih murah dan lebih hemat energi karena masih berbasis LED.

Karena letaknya yang mengapit motor, dua cahaya itu membuat motor tampak lebih futuristik dan memiliki jalur virtual pribadi.

Rival Apple itu mengklaim Lane Light membuat pengguna sepeda motor memiliki visibilitas lebih baik di malam hari ketimbang saat menggunakan lampu utama saja. Selain itu pengguna jalan lainnya juga menjadi lebih awas.

Advertisement

Jika proyek tersebut berhasil, Samsung berharap Lane Light dapat dipasang di semua jenis sepeda motor.

Pabrikan asal Negeri Gingseng itu juga tidak menutup kemungkinan hasil inovasi otomotif itu nantinya dapat dioperasikan lewat ponsel pintar baik Android maupun Ios.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif