Lifestyle
Minggu, 4 Oktober 2015 - 20:00 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Begini Manfaat Kembang Kol bagi Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mengonsumsi kembang kol berlebihan bisa mendatangkan efek aneh (ilustrasi/grainful.com)

Tips hidup sehat terkait tentang manfaat di balik kembang kol.

Solopos.com, SOLO — Kembang kol adalah jenis sayuran yang mudah ditemui di Indonesia. Kembang kol yang kaya akan sumber serat, mineral, dan vitamin dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Advertisement

Sayuran berbentuk bunga ini mudah diolah menjadi berbagai makanan. Selain memiliki rasa yang lezat, kembang kol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir laman Magforwomen, Jumat (25/9/2015), beberapa manfaat dibalik bunga putih ini. Mau tahu?

1. Mencegah Sakit Maag

Advertisement

1. Mencegah Sakit Maag

Kembang kol kaya akan senyawa glucraphanin yang dapat mencegah perut dari infeksi penyebab bisul. Sumber serat pada kembang kol juga baik untuk kesehatan usus.

2. Bersifat Anti-inflamasi

Advertisement

3. Mengurangi Proses Penuaan

Kembang kol dapat memperlambat proses penuaan pada perempuan. Sayuran yang kaya akan antioksidan bermanfaat untuk menghancurkan radikal bebas yang meningkatkan proses penuaan. Makan kembang kol adalah salah satu cara sederhana untuk terlihat lebih muda dan sehat lebih lama.

4. Membantu dalam Kehamilan

Advertisement

Selain rasa yang lezat, kembang kol kaya akan float atau vitamin B9. Vitamin ini membantu melindungi anak dan membantu perkembangan anak setiap tahapan. Kembang kol juga dapat mencegah resiko cacat lahir pada janin.

5. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian membuktikan kembang kol dapat mencegah berbagai jenis kanker dalam tubuh. Mengkonsumsi sayuran ini secara teratur memiliki sedikit kesempatan untuk terkena kanker payudara. Tidak hanya itu, serat dalam kembang kol mampu mencegah resiko usus dan kanker lambung.

Advertisement

6. Membantu Kurangi Tekanan Darah

Kembang kol membantu untuk meningkatkan aliran darah normal keseluruh organ tubuh. Bukan hanya itu, tetapi juga membantu mempertahankan tingkat tekanan darah normal. Serta mengurangi tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan Kekebalan

Manfaat lain dari kembang kol adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Sayuran dengan semua nutrisi penting ini dapat membantu untuk mengatasi kondisi kelelahan. Selain itu, vitamin B, kalium, dan niacin yang terdapat pada kembang kol sangat baik untuk darah dan kesehatan tulang. (Inna Surya Sari/JIBI/Solopos.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif