Soloraya
Minggu, 4 Oktober 2015 - 10:15 WIB

SURA BULAN BUDAYA 2015 : Mendikbud Didapuk Jadi Narasumber Diskusi tentang Museum

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anies Baswedan (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Sura Bulan Budaya 2015 akan menghadirkan Anies Baswedan sebagai narasumber terkait museum.

Solopos.com, SOLO – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, akan didapuk menjadi narasumber dalam diskusi tentang Museum Sebagai Pusat Kebudayaan Masa Depan di Museum Radya Pustaka, pada 9 November 2015.

Advertisement

Acara itu merupakan rangkaian Sura Bulan Budaya yang diadakan pada 13 Oktober-12 November 2015.

Menurut Ketua Mitra Museum Community (MMC) yang juga penyelenggara acara, Teguh Prihadi, diskusi untuk mengetahui pentingnya keberadaan museum sebagai sumber kebudayaan dan pendidikan.

“Kami mengambil tema ini karena sesuai dengan kondisi Museum Radya Pustaka dengan permasalahan yang mengelilinginya, salah satunya permasalahan lahan di Sriwedari,” katanya saat ditemui di Pujasari, Sriwedari, Sabtu (3/10/2015).

Advertisement

Selain diskusi dengan Menteri Pendidikan, di dalam Sura Bulan Budaya itu juga ada lebih dari 25 kegiatan yang melibatkan sekitar 50 kelompok kesenian di Solo.

Di antaranya pentas tari anak, srawung seni sakral, lomba geguritan, sarasehan Serat Centhini, jamasan pusaka Museum Radya Pustaka, kirab, pentas musik, dan sarasehan ketoprak.

Tak hanya seni budaya dan pendidikan, ia juga mengadakan Sura Merti Pasar yang berupa ajang mengajak masyarakat untuk berbelanja ke pasar tradisional.

Advertisement

Ada tiga pasar yang dipromosikan yakni Ngarsopuro pada 13 Oktober, Pasar Gede pada 14 Oktober, dan Pasar Legi pada 28 Oktober 2015. Promosi itu berupa tumpengan dan beberapa acara budaya.

“Sura Merti Pasar ini semacam Solo Great Sale yang diadakan beberapa waktu lalu. Jadi, dalam bulan budaya ini, kami ingin mengajak warga Solo dan sekitarnya untuk berbelanja di pasar tradisional yang merupakan salah satu budaya di masyarakat,” tutur dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif