Otomotif
Minggu, 4 Oktober 2015 - 06:00 WIB

MOBIL UNIK : Mobil Listrik Tertua Mirip Kereta Cinderella

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil listrik tertua di dunia, Queen Victoria Brougham. (Gizmag.com)

Mobil unik mirip kereta Cinderella ternyata mobil listrik tertua di dunia.

Solopos.com, LONDON – Jauh sebelum Tesla dan Audi lahir, ternyata sudah ada pabrikan mobil listrik yang lebih tua di Amerika Serikat. Uniknya, bentuk mobil yang diciptakan pabrikan itu mirip kereta kencana dalam kisah Cinderella.

Advertisement

Seperti dilansir laman Boldride, Kamis (1/10/2015), pabrikan mobil listrik tertua di dunia itu bernama Wood Electric dan sudah beroperasi sejak tahun 1900-an. Mobil pertama sekaligus yang satu-satunya diproduksi diberi nama Queen Victoria Brougham.

Berdasarkan catatan riwayatnya, mobil listrik berbentuk kereta kencana itu diluncurkan kali pertama pada 1905 dan berhenti diproduksi pada 1920. Kecuali bagian mesin, hampir seluruh komponennya dibuat dari bahan kayu.

Mobil listrik yang kini yang dapat memuat dua penumpang itu dibekali dua buah motor listrik sederhana dengan baterai yang dapat diisi ulang. Pada zamannya, kabin mobil klasik itu termasuk mewah karena didesain mirip kereta untuk raja.

Advertisement

Karena dahulu mobil Queen Victoria Bourgham diproduksi manual dengan tangan manusia, jumlahnya pun tidak terlalu banyak dan saat ini mobil berusia 110 tahun itu termasuk barang langka yang paling diburu.

Baru-baru ini rumah lelang Bonhams di London, Inggris mengaku telah menjual mobil unik mirip kereta Cinderella itu dengan seharga USD95.548 atau sekitar Rp1,4 miliar. Disebutkan mobil listrik itu masih utuh dan dapat berjalan meski tidak dapat berlari kencang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif