Otomotif
Minggu, 4 Oktober 2015 - 00:45 WIB

MOBIL TOYOTA : Yaris Punya Versi Sedan, Jiplak Mazda 2?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Toyota Yaris 2016 hadir dalam bentuk sedan. (Paultan.org)

Mobil Toyota Yaris hadir dalam versi sedan di Kanada.

Solopos.com, QUEBEC – Mobil Toyota Yaris model 2016 resmi hadir di Kanada. Bukan dalam bentuk hatchback seperti di Indonesia, melainkan dalam bentuk sedan empat pintu. Anehnya, Yaris sedan itu bentuknya tampak menjiplak mobil Mazda 2.

Advertisement

Dilihat dari berbagai sisi, mobil Toyota Yaris sedan itu benar-benar sama persis dengan Mazda 2. Sedikit perbedaan hanya terdapat pada bentuk grille, lampu depan, hadirnya bagasi belakang, dan emblem Toyota.

Usut punya usut, rupanya Toyota tidak menjiplak. Dilansir laman Paultan, Jumat (2/10/2015), Yaris versi sedan merupakan salah satu bentuk kerja sama Toyota dengan Mazda dalam hal desain produk. Tujuannya tidak lain untuk menekan biaya produksi.

Ternyata penjiplakan legal itu tidak sekadar pada sisi eksterior, namun juga berlanjut hingga ke dalam kabin. Tata interior dan fitur yang disuguhkan Toyota Yaris versi sedan juga persis plek dengan Mazda 2.

Advertisement

Lantas bagaimana mesinnya? Tampaknya di bagian ini Toyota juga tidak mau ambil pusing. Pabrikan otomotif terbesar di dunia itu tidak menggunakan mesin VVT-I 1.500 cc asli milik Yaris, melainkan memasang mesin Skyactive 1.500 cc milik Mazda 2.

Jadi bisa dibilang mobil Toyota Yaris versi sedan merupakan Mazda 2 yang sedikit dipanjangkan buntutnya dan diberi emblem Toyota.

Di Kanada, Toyota Yaris versi sedan akan dijual seharga USD16.995 atau sekitar Rp249 juta untuk transmisi manual. Sedangkan varian transmisi otomatisnya dipatok lebih mahal, yakni USD18.200 atau sekitar Rp266 juta.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif