News
Minggu, 4 Oktober 2015 - 22:10 WIB

KISAH TRAGIS RIDER BMX : Postingan Terakhir Taufan Sebelum Tewas: Jatuh Bangun Lagi!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - M. Taufan Munggaran di postingan terakhirnya (Instagram.com)

Kisah tragis kali ini datang dari kematian rider BMX saat beraksi.

Solopos.com, BANDUNG — Rider BMX asal Bandung, Muhammad Taufan Munggaran, 17, tewas saat berkompetisi di babak semifinal ajang Indonesia Open X Sports Championship (IOXC), Sabtu (3/10/2015). Kisah tragis Taufan ini menjadi kabar duka bagi dunia pengendara BMX.

Advertisement

Pantauan Solopos.com pada akun Instagram mendiang Taufan, terakhir kali ia mem-posting fotonya pada dua pekan lalu, terhitung dari Minggu (4/10/2015). Ia mengunggah foto tengah minum air.

“Coba hal-hal baru terus mencoba dan mempraktikkan, sudah jadi makananku sehari-hari, gagal coba lagi, jatuh bangun lagi, ketika lelah setelah semuanya ini, beristirahat untuk mencoba minum,” tulis Taufan, di unggahan terakhirnya.

Advertisement

“Coba hal-hal baru terus mencoba dan mempraktikkan, sudah jadi makananku sehari-hari, gagal coba lagi, jatuh bangun lagi, ketika lelah setelah semuanya ini, beristirahat untuk mencoba minum,” tulis Taufan, di unggahan terakhirnya.

Tampak pada kolom komentar unggahan foto Taufan, pelbagai ungkapan duka ditulis oleh pengakses Internet (netizen), mengiringi kepergian Taufan.

“Selamat jalan taufan, semoga tenang di sana ya, semoga amal ibadahnya diterima di sisi allah. Amin,” tulis @velyana_agustina.

Advertisement

Sementara itu, kabar duka kematian Taufan diumumkan pula oleh perempuan yang ditengarai dekat dengan Taufan, Annisa.

“Inalillahiwainailaihirojiun. By aku ngerasa mimpi kamu pergi ninggalin aku dan ninggalin semua orang yang sayang sama kamu aku gak nyangka semalem obrolan terakhir kamu sama aku by. Ini foto terakhir kita main bareng ya by :”) banyak banget rencana yang udah kita buat tapi mau gimanapun allah berkeendak lain Aku sayang kamu by yang tenang ya sayang aku bakal selalu kirim doa terbaik buat kamu,” tulis Annisa di akun Instagram-nya, Sabtu (3/10/2015).

M. Taufan Munggaran di Jalan Asia Afrika (Instagram.com)

Advertisement

Terkait dengan kematian Taufan ini, pembina Bandung BMX Asep Tubagus Tresnadi mengatakan, persoalan arena pertandingan tidak masalah. Sebab, ada standar yang sudah diikuti secara internasional.

“Ajang ini juga diikuti rider dari luar negeri seperti Perancis, Thailand, dan Hungaria, mereka memuji trek yang ada di sini,” kata Apep, sapaan akrabnya, saat di Telkom University, Minggu (4/10/2015), sebagaimana dilansir Detik.

Selain itu, Taufan juga termasuk safety rider. Ia selalu mengenakan helm, sarung tangan, dan juga pelindung kaki.

Advertisement

“Kemarin itu dia pakai helm full face. Dia itu safety rider. Banyak rider yang lain habbit-nya enggak suka pakai helm atau sarung tangan. Kalaupun pakai helm, bukan full face. Tapi Taufan lain, dia nyaman dengan itu semua. Ya ini takdir, musibah,” ujar Apep.

M. Taufan Munggaran (Instagram.com)

Menurut Apep, Taufan saat itu tengah melakukan trik no handler yaitu melepas kedua tangan dengan kedua stang di perut. Diduga kuat, Taufan telat melepaskan setang dari perutnya, sehingga saat terjatuh, di mana roda belakang yang pertama mengenai lantai arena, setangnya menekan dadanya.

“Dia sempat berdiri dulu sambil membawa sepeda, tapi langsung jatuh. Saat dilihat, matanya ke atas dan kejang seperti yang epilepsi. Tapi selama mengenal Taufan sejak SD, ia tak punya riwayat itu. Kemungkinan ia tengah menahan rasa sakit,” tutur Apep.

Sementara itu Kepala Urusan Public Relations Telkom University Rana Akbari Fitriawan menyampaikan belasungkawa dengan kejadian ini.

“Kami di sini sebagai pihak yang menyewakan gedung kepada penyelenggara acara. Namun karena ini kejadiannya di daerah kampus, kami tetap berkewajiban mengetahui detail kejadiannya. Kami turut berbelasungkawa atas kejadian ini,” ujar Rana usai bertemu dengan pihak panitia penyelenggara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif