Soloraya
Minggu, 4 Oktober 2015 - 16:15 WIB

CAGAR BUDAYA SOLO : Pemkot Ingin Akuisisi Bangunan Benteng Vastenburg

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pegawai BPCB Jawa Tengah Bersih-bersih Benteng Vastenburg saat Hari Purbakala, Jumat (13/6/2014). (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Cagar budaya Solo yakni Benteng Vastenburg akan diakuisisi oleh Pemkot setempat.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berniat mengakuisisi bangunan Benteng Vastenburg. Surat permohonan akusisi bangunan Benteng Vasteburg telah diserahkan Pemkot ke Kementerian Pertahanan (Kemenhan) belum lama ini.

Advertisement

“Kami tinggal menunggu surat keputusan mengelola bangunan Benteng Vastenburg,” kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo Agus Djoko Witiarso, Minggu (4/10/2015).

Bangunan Vastenburg, lanjut Agus, tercatat sebagai aset Kemenhan. Menurut Agus, dengan nanti diambilalihnya pengelolaan bangunan Benteng Vastenburg oleh Pemkot, langkah untuk mengakuisisi seluruh kawasan tersebut semakin terbuka.

“Kalau bangunan sudah kita kelola sendiri, tinggal melangkah untuk mengakusisi lahan yang kini dimiliki perseorangan,” katanya.

Advertisement

Dia mengakui dana yang dibutuhkan untuk akuisisi kawasan Benteng Vastenburg sangat besar. Pemkot meminta ada langkah konkrit dari Pemerintah Pusat untuk menyelamatkan benda cagar budaya itu.

“Idealnya Benteng Vastenburg bisa dikelola pemerintah, untuk memudahkan dalam hal pemeliharaan dan pelestarian agar tetap utuh dan baik,” katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Pelestarian Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya DTRK Solo, Mufti Raharjo mengatakan saat ini Pemkot tengah menyusun Rencana Aksi Kota Pusaka (RAKP) dengan melibatkan unsur akademi, praktisi, maupun pemerhati cagar budaya.

Advertisement

RAKP disusun dengan harapan mampu mengienvetarisir kawasan cagar budaya. Disamping itu untuk mempermudah dalam pelestarian cagar budaya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif