Sport
Minggu, 4 Oktober 2015 - 08:35 WIB

ARSENAL VS MANCHESTER UNITED : Pembuktian Ujung Tombak Paling Tajam

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Arsenal vs Manchester United bakal menjadi pembuktian siapa pemilik ujung tombak paling tajam…

Solopos.com, LONDON— Theo Walcott dan Anthony Martial bak pinang dibelah dua. Bukan karena wajah mereka mirip. Tapi keduanya sama-sama pernah mencicipi posisi winger  dan kini moncer sebagai striker sentral bagi klub masing-masing.

Advertisement

Dua pemain itu akan adu ketajaman ketika Arsenal bertemu Manchester United pada Liga Premier di Stadion Emirates, London, Minggu (4/10/2015) pukul 22.00 WIB.

Arsenal sempat mati-matian mengejar striker sentral papan atas dunia pada bursa transfer musim panas lalu, salah satunya Karim Benzema. Namun, pasukan Arsene Wenger harus gigit jari hingga bursa transfer ditutup.

Advertisement

Arsenal sempat mati-matian mengejar striker sentral papan atas dunia pada bursa transfer musim panas lalu, salah satunya Karim Benzema. Namun, pasukan Arsene Wenger harus gigit jari hingga bursa transfer ditutup.

Walcott pun menjadi orang yang tak disangka-sangka untuk menjadi ujung tombak Arsenal di musim ini. Pemain Timnas Inggris yang hampir setahun bergelut dengan cedera tersebut bahkan menggeser bomber utama Arsenal, Olivier Giroud karena performanya  yang menurun. Pemain asal Prancis tersebut juga bermasalah dengan indisipliner, salah satunya ketika diusir keluar lapangan saat Arsenal kalah dari Dinamo Zagreb pada laga pembuka Liga Champions.

Jadilah Walcott yang mengisi ujung tombak Arsenal. Padahal sebelumnya ia lebih dikenal sebagai pemain yang beroperasi di sayap. Di posisi barunya, pemain berusia 26 tahun tersebut sedang moncer dengan mendulang empat gol dalam dua laga terakhir.

Advertisement

Tak jauh berbeda, Anthony Martial juga mulai menjadi jawaban atas serangan Manchester United yang kendur. Kedatangan Martial ke Old Traford menjelang detik-detik penutupan bursa transfer membangkitkan gairah serangan Setan Merah, julukan United. Sejak kedatangan Martial, pasukan Louis van Gaal mendulang kemenangan dengan rata-rata tiga gol per laga dalam empat pertandingan terbaru mereka di Liga Premier.

Selama di United, Martial selalu dipasang sebagai ujung tombak ketika memulai pertandingan dari menit awal. Begitu pula ketika masih membela AS Monaco , Martial lebih sering ditempatkan sebagai penyerang sentral. Namun, agen pemain Philippe Lamboley pernah mengklaim kliennya itu sejatinya penyerang sayap.

Pemain yang dijuluki The New Thierry Henry tersebut pun telah menyumbang tiga gol dalam tiga pertandingan bersama United di Liga Premier musim ini.

Advertisement

Sama seperti Walcott, Martial mampu mendribel bola dengan cepat untuk menusuk pertahanan lawan dan tangguh dalam penyelesaian akhir. Tak tanggung-tanggung, pundit Sky Sport, Jamie Redknapp, membandingkan striker berbanderol 36 juta poundsterling (Rp805,1 miliar) itu dengan mega bintang Barcelona, Lionel Messi, di usia 19 tahun.

“Saya menyaksikan Anthony Martial dalam 90 menit di Liga Champions dan hanya Lionel Messi yang lebih baik ketika sama-sama di level 19 tahun,” ujar Redknapp, seperti dilansir manchestereveningnews.co.uk.

Tak ayal, Walcott akan mendapat stempel pemain berhaya bagi United, sebaliknya Martial sebagai salah satu yang harus diwaspadai Arsenal pada bentrok di Emirates. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement

Theo Walcott     Vs           Anthony Martial
Perbandingan Postur
26 Tahun              Usia       19 Tahun
176 CM Tinggi Badan       181 CM
68 KG    Berat Badan       76 KG
 
Kelebihan
+ Kontrol Bola    + Dribel
+ Crossing           + Finishing
+ Driblling            + Operan Kunci
+ Finishing
+ Operan Kunci
+ Eksekusi Bola Mati
 
Kelemahan
– Kontribusi Bertahan    – Operan
– Antisipasi Offside          – Kontribusi Bertahan
– Operan
 
Statistik di Liga Premier
6              Laga       3
364         Menit    205
2              Gol         3
0              Assist    1
4              Tembakan/Laga                1,7
79,3%    Akurasi Operan 66,7%
0,3          Menang Duel Udara/Laga            3,3
 
Statistik di Liga Champions
2              Laga       2
116         Menit    180
2              Gol         0
1              Assist    0
3              Tembakan/Laga                2
84,6%    Akurasi Operan 74,5%
0              Menang Duel Udara/laga             1,5
 
*Sumber: Whoscored.com. (hkt/JIBI)

Theo Wlakott

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif