Lifestyle
Sabtu, 3 Oktober 2015 - 00:50 WIB

TIPS KESEHATAN : Makanan dan Minuman Atasi Insomia

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Tips kesehatan memberikan informasi makanan yang dapat membantu mengatasi sulit tidur atau insomnia.

Solopos.com, SOLO — Susah tidur di malam hari (insomnia) membuat tubuh Anda terasa lemas dan kurang bersemangat di pagi hari. Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu ternyata mampu mengatasi keluhan Anda.

Advertisement

Dilansir lifecheating.com, beberapa waktu lalu, berikut beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi insomnia Anda:

Susu Hangat
Peneliti menemukan satu zat di dalam susu yakni bioactive peptides, bermanfaat untuk menjadikan tidur Anda lebih berkualitas dan dapat mengurangi stres.

Ikan
Ikan salmon dan tuna dapat meningkatkan zat melatonin, sebuah hormon berguna mengatur siklus waktu tidur dan bangun Anda. Ikan juga kaya dengan vitamin B6, yang terbukti meringankan gejala kurang istirahat.

Advertisement

Buah Ceri
Buah ceri kaya akan melatonin yang dapat mengatur siklus waktu tidur dan bangun Anda. Untuk mendapat hasil yang maksimal, empat atau lima buah ceri bisa Anda konsumsi sekitar 45 menit atau satu jam sebelum Anda berbaring di kasur.

Teh Hijau
Secangkir teh hijau dapat tanpa kafein mampu membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas. Teh hijau mengandung asam amino dan theanine yang terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

Pisang
Penelitian membuktikan pisang dapat membantu Anda menjadi lebih mudah untuk tidur. Kalium dan magnesium dalam pisang membantu mengendurkan otot dan membuatnya rileks.

Advertisement

Yogurt
Yogurt mengandung zat tryptophan, zat alami yang dapat membuat tidur lebih nyenyak. Penelitian menunjukan tryptophan yang dimakan dalam bentuk yogurt akan lebih mudah dicerna di dalam tubuh. Untuk mendapat hasil yang maksimal, konsumsi beberapa sendok yogurt sekitar 45 menit sebelum tidur. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif