Soloraya
Jumat, 2 Oktober 2015 - 17:35 WIB

PEMKOT SOLO : Solo Raih Predikat WTP 5 Kali Berturut-Turut

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Is Ariyanto)

Pemkot Solo meraih predikat WTP dari BPK sebanyak 5 kali berturut-turut.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait penilaian keuangan wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kali kelima secara berturut-turut.

Advertisement

Penghargaan WTP diserahkan oleh Menteri Keuangan, Bambang P.S. Brojonegoro kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Solo Budi Suharto di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jumat (2/10/2015).

Sebanyak  287 lembaga pemerintah menerima penghargaan WTP. Perinciannya, 62 tingkat Kementerian atau lembaga negara, 26 Pemerintah Provinsi, 149 Pemerintah Kabupaten, dan 50 Pemerintah Kota.

“Sejak 2010 Pemkot mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan capaian standar tertinggi akutansi dan pelaporan keuangan pemerintah,” ujar Budi Suharto, Jumat.

Advertisement

Menurutnya, penghargaan WTP kali ini diraih Pemkot karena keberhasilan dalam mengimplementasikan akuntasi pemerintah berbasis akrual 2015. Hal ini sesuai dengan amanat UU 17/2013 tentang Keuangan Negara dan PP 71/2010 tentang Standar Akuntasi Pemerintah.

“WTP merupakan bagian perwujudan E-Goverment  yang nantinya mempercepat kesejahteraan masyarakat dengan sasaran tertib secara administrasi,” katanya.

Sementara itu, Pejabat Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto mengatakan ke depan Pemkot mempersiapkan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) untuk menghadapi akrual ini.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Pemkot Solo Predikat WTP
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif